Abdurahman, Abdurahman (2022) Penggunaan metode drill dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada materi PAI kelas VIII di SMP Negeri No 20 Kabupaten Tebo. Jurnal Pendidikan Al-Mukafaah, 5 (3): 9. pp. 99-113. ISSN 2746-5365
2746-5365_5_3_2022-9.pdf - Published Version
Download (518kB) | Preview
Abstract
Keberhasilan proses belajar mengajar di dalam kelas sangat ditentukan oleh strategi pembelajaran, bagaimanapun lengkap dan jelasnya komponen lain, tanpa diimplementasikan melalui strategi yang tepat, maka komponen-komponen tersebut tidak akan memiliki makna dalam proses pencapaian tujuan. Oleh karena itu setiap akan mengajar guru diharuskan untuk menerapkan strategi atau metode tertentu dalam pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Apakah penggunaan metode drill dapat mengatasi kesulitan belajar pada materi Pendidikan Agama Islam? (b) Bagaimana pelaksanaan metode drill dalam mengatasi kesulitan belajar pada materi Pendidikan Agama Islam yang diberikan pada siswa kelas VIII SMP Negeri No. 20 Kabupaten Tebo? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Ingin mengetahui penggunaan metode drill dapat mengatasi kesulitan belajar pada materi Pendidikan Agama Islam, (b) Ingin mengetahui pelaksanaan metode drill dalam mengatasi kesulitan belajar pada materi Pendidikan Agama Islam yang diberikan pada siswa kelas VIII SMP Negeri No. 20 Kabupaten Tebo. Berdasarkan hasil penelitian, metode drill dengan berbagai bentuknya dapat membantu siswa untuk lebih mudah belajar mata pelajaran PAI khususnya untuk materi yang berkaitan dengan Al-Qur’an. Hal ini terbukti dengan kelancaran, kefasihan siswa membaca lafadz-lafadz tersebut, menulis dan menghafalnya. Bahkan proses kegiatan belajar siswa dapat lebih efisien. Pelaksanaan metode drill dalam rangka untuk menghadapi kesulitan belajar siswa dilakukan setiap kali proses kegiatan belajar mengajar. Tidak bergantung pada bahasan materi pendidikan agama saja, tetapi pada pokok bahasan yang lain pun dilakukan pemberian drill dengan menampilkan dalil-dalil yang berkaitan dengan bahasan tersebut. Bentuk drill yang mereka peroleh adalah dengan membaca lafadz-lafadz arab dan menulisnya, bahkan untuk lebih efektif diberikan kepada mereka tugas-tugas rumah seperti menyalin lafadz-lafadz tersebut dibuku lain dengan tulisan yang lebih baik. Kemudian untuk hafalan dilakukan prakatek didepan kelas pada pertemuan selanjutnya begitu seterusnya.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesulitan belajar, Metode drill, Learning methods, Lower secondary education, Learning processes, Secondary school teachers, Learning ability, Secondary school students |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Rulina Rahmawati |
Date Deposited: | 18 Jan 2024 03:35 |
Last Modified: | 18 Jan 2024 03:35 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/22109 |