Pengaruh orientasi pelanggan dan adopsi media sosial terhadap kinerja UMKM di masa pandemi Covid-19 (studi pada UMKM binaan dinas koperasi dan usaha kecil jawa barat tahun 2021 sektor kuliner)

Febriansyah, Rifqi Yudanta and Prabowo, Fajar Sidiq Adi (2023) Pengaruh orientasi pelanggan dan adopsi media sosial terhadap kinerja UMKM di masa pandemi Covid-19 (studi pada UMKM binaan dinas koperasi dan usaha kecil jawa barat tahun 2021 sektor kuliner). Jurnal Manajemen Pemasaran, 17 (1): 1. pp. 1-10. ISSN 1907-235X

[thumbnail of 1907-235X_17_1_2023-1.pdf]
Preview
Text
1907-235X_17_1_2023-1.pdf - Published Version

Download (647kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi pelanggan dan adopsi media sosial terhadap kinerja UMKM sektor kuliner binaan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Jawa Barat selama masa pandemi Covid-19 serta pengaruh media sosial sebagai variabel moderasi dalam hubungan orientasi pelanggan terhadap kinerja UMKM. Data penelitian diperoleh dari 350 responden yang merupakan UMKM binaan Dinas Koperasi dan Usaha Kecill Jawa Barat sektor kuliner tahun 2021. Penelitian dilakukan dengan menyebarluaskan kuesioner melalui Google Forms dan data diolah dengan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan orientasi pelanggan dan media sosial berpengaruh terhadap kinerja UMKM sektor kuliner selama masa pandemi Covid-19. Pada penelitian ini juga didapatkan bahwa media sosial tidak memoderasi hubungan antara orientasi pelanggan terhadap kinerja UMKM selama masa pandemi Covid-19.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Orientasi pelanggan, Media sosial, Kinerja UMKM, Covid-19, Social media, Small scale enterprises, Corporate performance, Consumer satisfaction
Subjects: Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics
Depositing User: - Anneke
Date Deposited: 23 Jan 2024 10:55
Last Modified: 23 Jan 2024 10:55
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/22108

Actions (login required)

View Item
View Item