Febriansyah, Rifqi Yudanta and Prabowo, Fajar Sidiq Adi (2023) Pengaruh orientasi pelanggan dan adopsi media sosial terhadap kinerja UMKM di masa pandemi Covid-19 (studi pada UMKM binaan dinas koperasi dan usaha kecil jawa barat tahun 2021 sektor kuliner). Jurnal Manajemen Pemasaran, 17 (1): 1. pp. 1-10. ISSN 1907-235X
1907-235X_17_1_2023-1.pdf - Published Version
Download (647kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi pelanggan dan adopsi media sosial terhadap kinerja UMKM sektor kuliner binaan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Jawa Barat selama masa pandemi Covid-19 serta pengaruh media sosial sebagai variabel moderasi dalam hubungan orientasi pelanggan terhadap kinerja UMKM. Data penelitian diperoleh dari 350 responden yang merupakan UMKM binaan Dinas Koperasi dan Usaha Kecill Jawa Barat sektor kuliner tahun 2021. Penelitian dilakukan dengan menyebarluaskan kuesioner melalui Google Forms dan data diolah dengan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan orientasi pelanggan dan media sosial berpengaruh terhadap kinerja UMKM sektor kuliner selama masa pandemi Covid-19. Pada penelitian ini juga didapatkan bahwa media sosial tidak memoderasi hubungan antara orientasi pelanggan terhadap kinerja UMKM selama masa pandemi Covid-19.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Orientasi pelanggan, Media sosial, Kinerja UMKM, Covid-19, Social media, Small scale enterprises, Corporate performance, Consumer satisfaction |
Subjects: | Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics |
Depositing User: | - Annisa - |
Date Deposited: | 23 Jan 2024 10:55 |
Last Modified: | 23 Jan 2024 10:55 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/22108 |