Meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui media Powerpoint (PPT) selama pandemi Covid-19

Syafni, Ermayulis (2023) Meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui media Powerpoint (PPT) selama pandemi Covid-19. Dealika : Jurnal Pendidikan & Pembelajaran, 1 (1): 3. pp. 21-29. ISSN 2986-1322

[thumbnail of 2986-1322_1_1_2023-3.pdf]
Preview
Text
2986-1322_1_1_2023-3.pdf

Download (270kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan media PowerPoint (PPt) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini dilakukan di MAN 1 Pekanbaru tepatnya di kelas XII IPS 2 tahun ajaran 2021/2022, metode yang digunakan adalah mengamati aktivitas guru dan siswa dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes yang dilakukan oleh siswa dan observasi oleh observer. Instrumen berupa lembar observasi aktivitas siswa, sedangkan tes hasil belajar untuk menentukan ketuntasan individu ditentukan KKM 80 dan ketuntasan klasikal 80% telah mencapai standar ketuntasan minimal, dengan instrumen penelitian berupa tes tertulis dan observasi. lembar. Instrumen yang digunakan adalah tes objektif berbentuk pilihan ganda. Data yang dikumpulkan adalah data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media PowerPoint (PPt) dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas XII IPS 2 MAN 1 Pekanbaru pada mata pelajaran Siklus Akuntansi Pada Perusahaan Jasa Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022. Hal ini terlihat dari pencapaian rata-rata nilai ekonomi siswa yang meningkat dari skor siklus I ke siklus II. Persentase siswa yang mencapai KKM di atas 80 pada siklus I rata-rata nilai 76,75 meningkat menjadi 84,94 pada siklus II. Berdasarkan analisis aktivitas guru dan siswa serta analisis hasil belajar ekonomi siswa, dapat disimpulkan bahwa hipotesis tindakan yang diajukan dapat diterima kebenarannya. Dengan kata lain, penerapan media PowerPoint (PP) dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi pada siswa kelas XII IPS 2 MAN 1 Pekanbaru pada mata pelajaran Siklus Akuntansi di Perusahaan Jasa tahun pelajaran 2021/2022.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pandemi Covid 19, Hasil belajar, Media powerpoint, siswa. Distance education, Microsoft software, Learning methods.
Subjects: Computers, Control & Information Theory > Applications Software
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Anneke -
Date Deposited: 18 Sep 2023 06:51
Last Modified: 18 Sep 2023 06:51
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/22107

Actions (login required)

View Item
View Item