Penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan prestasi belajar IPS pada siswa kelas VIII SMPN 20 Kabupaten Tebo

Elmiati, Elmiati (2022) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan prestasi belajar IPS pada siswa kelas VIII SMPN 20 Kabupaten Tebo. Jurnal Pendidikan Al-Mukafaah, 5 (3): 7. pp. 75-86. ISSN 2746-5365

[thumbnail of 2746-5365_5_3_2022-7.pdf]
Preview
Text
2746-5365_5_3_2022-7.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
Official URL: http://-

Abstract

Metode pembelajaran mengajar dan kemampuan guru yang kurang baik akan mempengaruhi belajar siswa menjadi tidak baik pula. Metode mengajar yang kurang baik itu dapat terjadi misalnya karena guru kurang persiapan dan kurang menguasai bahan pembelajaran sehingga guru tersebut menyajikannnya tidak jelas atau sikap guru terhadap siswa dan atau terhadap mata pembelajaran itu sendiri tidak baik, sehingga siswa kurang senang (siswa bosan) terhadap pembelajaran atau gurunya. Akibatnya siswa malas untuk belajar dan prestasi belajar rendah (Slameto, 2005: 65). Padahal Kurikulum 2013 menekankan keterlibatan aktif antara guru dan siswa dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Apakah pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together? (b) Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan keaktifitasan belajar IPS pada Siswa? Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh Kooperatif Tipe Numbered Head Together terhadap hasil belajar. (b) Ingin mengetahui seberapa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan keaktifitasan belajar IPS pada Siswa Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk siklus berulang yang di dalamnya terdapat empat tahapan utama kegiatan, yaitu : perencanaan, tindakan, pengamatan atau observasi, dan refleksi. Tahapan penelitian tersebut dilaksanakan dalam beberapa siklus yaitu siklus I dan siklus II yang dilaksanakan sesuai dengan skenario yang telah dibuat. Penerapan Pendekatan struktural tipe NHT dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 65% dengan nilai rata-rata 60,7 sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai ketuntasan 87,50% dengan nilai rata-rata 70,5.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together, Prestasi belajar, Academic achievement, Learning methods, Cooperative learning, Secondary school teachers
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Rulina Rahmawati
Date Deposited: 18 Jan 2024 03:24
Last Modified: 18 Jan 2024 03:24
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/22104

Actions (login required)

View Item
View Item