Peningkatan kemampuan berhitung anak 1-10 melalui APE Montessori pada kelompok A TK Islam Terpadu Sunrise Banjar Padang

Nur, Ingsira Fitrah Herman (2023) Peningkatan kemampuan berhitung anak 1-10 melalui APE Montessori pada kelompok A TK Islam Terpadu Sunrise Banjar Padang. Jurnal Pendidikan Media Guru Kreatif, 1 (1): 6. pp. 66-77. ISSN 2986-2167

[thumbnail of 2986-2167_1_1_2023-6.pdf]
Preview
Text
2986-2167_1_1_2023-6.pdf - Published Version

Download (783kB) | Preview

Abstract

Kemampuan berhitung peserta didik TK Islam Terpadu Sunrise masih tergolong rendah khususnya angka 1-10. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan anak dalam berhitung khususnya angka 1-10 melalui Alat Permainan Edukatif Montessori (APE Montessori). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas atau PTK, dengan subjek penelitian kelompok belajar A di TK Islam Terpadu Sunrise, yang terdapat 15 orang peserta didik dalam satu kelompok belajar. Teknik dalam pengumpulan data ini berupa observasi, yang diolah dengan Teknik persentase. Aspek yang diamati dalam penelitian ini adalah 1) anak mampu menyusun angka 1-10, 2) anak mampu membaca angka 1-10 di buku, 3) anak mampu mengenal angka 1-10 yang mereka lihat, 4) anak mampu menyebutkan angka 1-10 secara berurutan, 5) anak mampu menyambung angka 1-10 secara acak. Hasil penelitian pada setiap siklus telah menunjukkan adanya peningkatan kemampuan anak berhitung 1-10 dari kondisi awal, siklus I sampai siklus II, hasil persentase ini dapat melampui persentase kkm sebesar 75%. Dengan hasil penelitian di atas, dari pencapaian siklus awal menuju siklus I ratarata meningkat 20% hingga 28% lalu berlanjut dari siklus I ke siklus II juga mengalami peningkatan rata-rata sebesar 40% hingga 53%. Oleh karena itu, dari persentase ini dapat disimpulkan bahwa alat permainan edukasi Montessori atau APE Montessori dapat meningkatkan kemampuan anak berhitung 1-10 secara signifikan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Anak, APE Montessori, Kemampuan berhitung 1-10. Kindergarten students, Learning Methods, Educational quality.
Subjects: Mathematical Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Annisa -
Date Deposited: 18 Sep 2023 06:38
Last Modified: 18 Sep 2023 06:38
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/22098

Actions (login required)

View Item
View Item