Fauzi, Fauzi (2022) Meningkatkan hasil belajar Penjaskes siswa melalui penerapan metode pembelajaran inquiri di kelas V SDN 124/VIII Sido Rejo Kecamatan Rimbo Ilir tahun pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Al-Mukafaah, 5 (3): 5. pp. 44-55. ISSN 2746-5365
2746-5365_5_3_2022-5.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
Abstract
Mempelajari sesuatu dengan baik, kita perlu melihat,sebagaimana menggunakan kecerdasan bernalar, mengajukan pertanyaan, dan membahasnya dengan telaah yang mendalam. Bukan cuma itu, siswa perlu “mengerjakannya”, yakni menggambarkan sesuatu dengan cara mereka sendiri, menunjukkan contohnya, mencoba mempraktekkan keterampilan, dan mengerjakan tugas yang menuntut pengetahuan yang telah atau harus mereka dapatkan sebagai hasil belajar yang utuh. Dengan menyadari adanya gejala atau kenyataan tersebut diatas, maka dalam penelitian ini penulis penulis mengambil judul “Meningkatkan Prestasi Belajar Dengan Menerapkan Metode Pembelajaran Berbasis Inkuiri. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif tentang meningkatkan prestasi belajar dengan menerapkan metode pembelajaran berbasis inkuiri, tehnik pembinaan melalui observasi wawancara secara terbuka adapun tehnik studi dokumen sebagai bentuk administrasi dan instrumen berupa daftar ceklis pengamatan berbagai admiistrasi pembelajaran. Melalui hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengajaran berbasis inkuiri memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari semakin mantapnya pemahaman dan penguasaan siswa terhadap materi yang telah disampaikan guru selama ini (ketuntasan belajar meningkat dari sklus I, II, dan III) yaitu masing-masing 62,50%, 75,00%, dan 87,50%. Pada siklus III ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah tercapai2. Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penjaske, Penerapan metode pembelajaran inquiri, Academic achievement, Learning methods, Inquiry-based learning Primary education |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Rulina Rahmawati |
Date Deposited: | 17 Jan 2024 14:19 |
Last Modified: | 17 Jan 2024 14:19 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/22093 |