Meningkatkan pemahaman diri peserta didik dengan menggunakan Johari window running card di kelas X6 SMAN 2 Singingi

Mulkismawati, Mulkismawati (2023) Meningkatkan pemahaman diri peserta didik dengan menggunakan Johari window running card di kelas X6 SMAN 2 Singingi. Jurnal Pendidikan Media Guru Kreatif, 1 (1): 3. pp. 29-41. ISSN 2986-2167

[thumbnail of 2986-2167_1_1_2023-3.pdf]
Preview
Text
2986-2167_1_1_2023-3.pdf - Published Version

Download (941kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena ditemukannya data pemahaman diri peserta didik kelas X6 SMAN 2 Singingi secara umum masih berada pada kategori sedang. Hal ini menunjukkan bahwa masih perlu adanya peningkatan pemahaman diri peserta didik. Cara yang digunakan untuk meningkatkan pemahaman diri peserta didik adalah dengan menggunakan Johari window run card. Model ini di desain dengan cara memberdayakan orang lain untuk meningkatkan kesadaran diri (selfawareness) dan pemahaman diri (self understanding). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman diri peserta didik dengan menggunakan Johari window run card. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan model penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus. Penelitian dilakukan di kelas X6 SMAN 2 Singingi dengan jumlah peserta didik 32 orang. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Data awal hasil assessment menunjukkan bahwa 20% peserta didik berada pada kategori rendah, 62% peserta didik pada kategori sedang dan 18% sudah berada pada kategori tinggi. Skor rata-rata pemahaman diri peserta didik pada data awal adalah 36,09 yaitu berada pada kategori sedang. Setelah diberikan tindakan pada siklus 1, didapatkan hasil tidak ada lagi peserta didik pada kategori rendah, sebanyak 37% pada kategori sedang dan 63% sudah berada pada kategori tinggi. Skor rata-rata pada siklus 1 adalah 43,06, berarti sudah berada pada kategori tinggi terjadi peningkatan sekitar 19% dari data awal. Pada siklus 2 didapatkan hasil 72 % peserta didik berada pada kategori tinggi dan 28% peserta didik sudah berada pada kategori sangat tinggi. Skor rata-rata pada siklus 2 meningkat menjadi 48,18 yaitu kategori tinggi atau meningkat sekitar 12% dari siklus 1. Hasil analisis peningkatan rata-rata skor dari data awal dengan hasil siklus 2 menunjukkan ada peningkatan sekitar 31%. Temuan ini membuktikan bahwa penggunaan Johari window run card bisa membantu meningkatkan pemahaman diri peserta didik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pemahaman diri, Johari window. Educational experiments, High school students,Educational testing.
Subjects: Computers, Control & Information Theory > Applications Software
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Anneke -
Date Deposited: 18 Sep 2023 06:16
Last Modified: 18 Sep 2023 06:16
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/22091

Actions (login required)

View Item
View Item