Analisis faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan pada Masa pandemi Covid-19 di Puskesmas Jatibarang kabupaten Indramayu tahun 2022

Cucu, Sartiasih and Rossi, Suparman and Mamlukah, Mamlukah (2022) Analisis faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan pada Masa pandemi Covid-19 di Puskesmas Jatibarang kabupaten Indramayu tahun 2022. Journal of Nursing Practice and Education, 3 (1): 9. pp. 79-88. ISSN 2775-0663

[thumbnail of 2775-0663_3_1_2022-9.pdf]
Preview
Text
2775-0663_3_1_2022-9.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan mencatatkan penurunan jumlah peserta pada 2020 dibandingkan dengan tahun sebelumnya akibat tekanan ekonomi di tengah pandemi Covid-19. Data kunjungan pasien rawat jalan peserta BPJS yang datang ke Puskesmas Jatibarang mengalami penurunan dari 7.313 jiwa (2020) menjadi 7.127 jiwa (2021). Tujuan penelitian menganalisis hubungan faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Pada Masa Pandemi Covid-19 di Puskesmas Jatibarang Kabupaten Indramayu. Jenis penelitian ini analitik deskriptif dengan desain cross sectional (potong lintang). Populasi penelitian ini berjumlah 7.127 orang dan pengambilan sampel dengan menggunakan rumus slovin didapatkan sampel sebanyak 379 responden. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar kuesioner tertutup dengan melakukan wawancara. Analisis data meliputi analisis univariat, analisis bivariat (Rank Spearman) dan analisis multivariat menggunakan regresi logistik. Disimpulkan terdapat hubungan antara lima variabel dengan kepuasan pasien BPJS meliputi: fasilitas, kualitas layanan, interaksi personal, sikap layanan dan jadwal pelayanan dan variabel yang paling dominan berhubungan dengan kepuasan yaitu fasilitas kesehatan. Diharapkan untuk meningkatkan kapasitas SDM dalam hal komunikasi, sikap dan etika petugas pelayanan serta aktif mengkomunikasikan keluhan kepada petugas puskesmas setempat agar memperlancar proses pelayanan yang memuaskan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kepuasan pasien, BPJS Kesehatan, Pandemi covid-19, Patient satisfaction, COVID-19, Pandemics, Health insurance
Subjects: Health Resources > Health Services
Depositing User: - Elfrida Meryance Saragih
Date Deposited: 24 Jan 2024 08:38
Last Modified: 24 Jan 2024 08:38
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/22082

Actions (login required)

View Item
View Item