Peningkatan pemahaman penjumlahan dengan teknik menyimpan menggunakan alat peraga kantong nilai tempat bilangan di kelas II semester I tahun 2021/2022 SD Negeri 195/VIII Wiroto Agung Kec Rimbo Bujang Kabupaten Tebo

Jumadi, Jumadi (2022) Peningkatan pemahaman penjumlahan dengan teknik menyimpan menggunakan alat peraga kantong nilai tempat bilangan di kelas II semester I tahun 2021/2022 SD Negeri 195/VIII Wiroto Agung Kec Rimbo Bujang Kabupaten Tebo. Jurnal Pendidikan Al-Mukafaah, 5 (3): 2. pp. 12-21. ISSN 2746-5365

[thumbnail of 2746-5365_5_3_2022-2.pdf]
Preview
Text
2746-5365_5_3_2022-2.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
Official URL: http://-

Abstract

Pemilihan judul ini berdasarkan pengamatan dan pengalaman bahwa kemampuan siswa kelas II SD Negeri SDN 195/VIII Wiroto Agung dalam belajar matematika khususnya materi penjumlahan dengan teknik menyimpan masih rendah, sehingga hasil yang dicapai masih relatif rendah. Berdasarkan hal tersebut, selanjutnya muncul permasalahan bagaimana cara meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi yang diajarkan agar memperoleh hasil yang baik.Tujuan penelitian tindakan kelas ini secara umum adalah meningkatkan kemampuan siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika yang aktif di kelas yang ditandai dengan adanya interaksi guru dan siswa serta peran metode tanya jawab bervariasi yang digunakan, sehingga dapat meningkatkan pemahaman hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SD Negeri SDN 195/VIII Wiroto Agung yang berjumlah 30 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, tes, dan catatan lapangan. Teknik uji validitas data menggunakan bentuk trianggulasi sumber dan trianggulasi waktu.Teknik analisis menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari 3 komponen, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian meliputi tahap: identifikasi masalah, persiapan, penyusunan rencana tindakan, implementasi tindakan, pengamatan, dan penyusunan rencana. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing – masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Sebelum pelaksanaan tindakan diperoleh hasil belajar 59, 38 dan rata-rata pada siklus I meningkat 75 dan rata-rata pada siklus II meningkat menjadi 87, 5. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media alat peraga dapat meningkatkan pemahaman belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman belajar penjumlahan. Adapun peningkatan hasil pembelajaran dapat dilihat dari perolehan nilai siswa yang meningkat pada tiap siklusnya. Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan alat peraga kantong nilai tempat bilangan dapat meningkatkan pemahaman belajar siswa dalam penjumlahan dengan teknik satu kali menyimpan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pemahaman penjumlahan, Menggunakan alat peraga kantong nilai tempat bilangan, Primary education, Teaching materials, Mathematics education, Academic achievement, Learning processes
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Rulina Rahmawati
Date Deposited: 17 Jan 2024 12:57
Last Modified: 17 Jan 2024 12:57
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/22081

Actions (login required)

View Item
View Item