Mendorong transformasi lembaga pendidikan Islam pada era digital 4.0: Berbasis kompetensi dan adab

Mohammad, Hidayaturrahman and Ahmad, Hasan Ubaid (2023) Mendorong transformasi lembaga pendidikan Islam pada era digital 4.0: Berbasis kompetensi dan adab. Abhakte: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1 (1): 6. pp. 37-43. ISSN 2986-2590

[thumbnail of 2986-2590_1_1_2023-6.pdf]
Preview
Text
2986-2590_1_1_2023-6.pdf - Published Version

Download (567kB) | Preview

Abstract

Pendidikan menjadi jalan untuk memajukan peradaban manusia. Pada saat yang sama, pendidikan, termasuk lembaga pendidikan Islam menghadapi persoalan internal dan eksternal. Tulisan ini merupakan hasil pengabdian yang dilakukan oleh pengabdi untuk mendorong proses transformasi, sehingga lembaga pendidikan Islam perlu strategi di dalam mengelola proses pembelajaran. Kegiatan pengabdian menggunakan metode ceramah (lecture method), pengabdi melakukan ceramah di hadapan sasaran/ mitra. Adapun materi yang disampaikan dikumpulkan melalui studi pustaka (literature review). Dari data yang dikumpulkan ditemukan 1) secara global, sumber daya manusia (SDM) muslim masih tertinggal dibandingkan dengan sumber daya manusia secara umum. 2) di Indonesia, lembaga pendidikan Islam juga masih tertinggal dibandingkan lembaga pendidikan umum. 3) tingkat pendidikan di wilayah kepulauan Sumenep, Madura masih tertinggal dibandingkan dengan daerah lain di Indonesia. Diperlukan upaya dan strategi khusus, yaitu proses digitalisasi pendidikan untuk mengakselerasi peningkatan sumber daya manusia di wilayah kepulauan, baik secara kuantitas maupun kualitas.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Lembaga pendidikan Islam, Era digital, Kompetensi, Adab. Academic standars, Competence, Ettiquete.
Subjects: Computers, Control & Information Theory > Information Theory
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Anneke -
Date Deposited: 18 Sep 2023 04:02
Last Modified: 18 Sep 2023 04:02
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/22074

Actions (login required)

View Item
View Item