Tri, Mulyaningsih (2022) Meningkatkan prestasi belajar fungsi organ pencernaan manusia melalui penggunaan alat peraga rangka manusia dan gambar alat pencernaan manusia dengan pendekatan contextual teaching and learning pada siswa kelas V SDN 051/VIII Mangun Jayo Kabupaten Tebo. Jurnal Pendidikan Al-Mukafaah, 5 (3): 1. pp. 1-11. ISSN 2746-5365
2746-5365_5_3_2022-1.pdf - Published Version
Download (428kB) | Preview
Abstract
Pendidikan pada dasarnya adalah suatu bentuk kegiatan yang bertujuan mengembangkan kemampuan dan ketrampilan intelektual subyek didik sehingga mereka nantinya mampu mengadakan interaksi ditengah kehidupan masyarakatnya. Permasalahan yang diajukan peneliti adalah, pertama apakah pendekatan Belajar sambil bermain dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPA Memamahami fungsi organ pencernaan Manusia Berdasarkan memalui alat peraga rangka manusia pada siswa. Kedua, bagaimanakah dampak kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan alat peraga rangka manusia dan gambar alat pencernaan manusia dengan pendekatan Contextual Teaching and Leraning dalam pembelajaran IPA berdasrkan fungsi organ pencernaan manusia pada pada siswa SD Negeri No 051/VIII Mangun Jayo. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan 4 tahapan, yaitu rencana tindakan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitiannya adalah siswa SD Negeri No. 051/VIII Mangun Jayo Kecamatan Tebo Tengah Kabupaten Tebo dengan jumlah siswa 31 anak. Hasil penelitian diperoleh berdasarkan data observasi dan presiklus adalah Strategi pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual / CTL ( Contextual Teaching and Learning ) pada pembelajaran organ fungsi pencernaan manusia pada siswa kelas V SD Negeri No. 051/VIII Mangun Jayo Kecamatan Tebo Tengah Kabupaten Tebo dapat meningkatkan hasil prestasi belajar siswa. Dengan menggunakan strategi pendekatan CTL pembelajaran akan menjadi lebih menarik dan menyenangkan, karena dalam pendekatan CTL siswa dapat melakukan eksperimen dan penggunaan alat peraga yang dapat menunjang dalam kegiatan belajar mengajar di kelas V SD Negeri No. 051/VIII Mangun Jayo Kecamatan Tebo Tengah Kabupaten Tebo. Dari hasil perbaikan pembelajaran yang dilaksanakan oleh peneliti maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pendekatan belajar sambil bermain yang digunakan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa SD Negeri No. 051/VIII Mangun Jayo. Hal ini menunjukkan bahwa metode dan strategi belajar dengan menggunakan alat peraga rangka manusia pada siswa dan pendekatan belajar sambil bermain terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri No. 051/VIII Mangun Jayo Kecamatan Tebo Tengah Kabupaten Tebo.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prestasi belajar, Alat peraga, Contextual teaching and learning, Academic achievement, Teaching materials, Learning processes, Natural sciences education, Digestive system |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Rulina Rahmawati |
Date Deposited: | 17 Jan 2024 13:01 |
Last Modified: | 17 Jan 2024 13:01 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/22047 |