Peningkatan kompetensi pedagogik guru SD Negeri 136 Seluma dalam menyusun RPP kurikulum 2013 melalui supervisi akademik

Sahanudin, Sahanudin (2022) Peningkatan kompetensi pedagogik guru SD Negeri 136 Seluma dalam menyusun RPP kurikulum 2013 melalui supervisi akademik. Jurnal Pendidikan AKSARA, 3 (1): 5. pp. 35-42. ISSN 2716-1692

[thumbnail of 2716-1692_3_1_2022-5.pdf]
Preview
Text
2716-1692_3_1_2022-5.pdf - Published Version

Download (777kB) | Preview
Official URL: http://-

Abstract

Tujuan penelitian tindakan sekolah ini adalah untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP kurikulu 2013 melalui Supervisi akademik pada Guru SD Negeri 136 Seluma. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan (action Research) yang terdiri dari 2 (dua) siklus yang didahului oleh kegiatan tes awal, dan setiap siklus terdiri dari: Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan refleksi. Sasaran dari penelitian ini berjumlah 7 orang guru yang berstatus ASN dan honorer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pada komponen Perumusan indikator tujuan pembelajaran, terlihat peningkatan dari 60,0% pada Kompetensi awal, menjadi 65,0% pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 72,86%; (2) Pada Komponen Penentuan bahan dan materi pembelajaran, terdapat peningkatan Kompetensi dari 60,0% menjadi 65,71% setelah siklus I dan pada siklus II lebih menguat menjadi 72,86%; (3) Dalam Komponen Pemilihan Strategi dan metoda pembelajaran, yang didalamnya memuat langkah-langkah pembelajaran dan penentuan alokasi waktu yang digunakan,terlihat adanya peningkatan yang signifikan dari yang semula hanya 55,71% menjadi 57,86% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 70,0% setelah siklus II; (4) Meskipun tidak terlihat adanya peningkatan yang cukup tajam, dalam komponen pemilihan Media dan alat pembelajaran juga terdapat adanya peningkatan dari 55,71% pada awal kegiatan dan 60,0% setelah siklus I, menjadi 68,57% setelah siklus II; (5) Peningkatan yang cukup signifikan juga dapat kita lihat pada komponen perencanaan evaluasi pembelajaran. Dari yang semula hanya 54,29% pada awal kegiatan, menjadi 58,57% pada akhir siklus I dan berhasil mencapai 67,86% pada akhir siklus II. Dari data perolehan hasil penelitian dalam kegiatan penelitian tindakan sekolah ini, dapat disimpulkan bahwa supervisi akademik dapat meningkatkan Kompetensi Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran pada Guru SD Negeri 136 Seluma.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kompetensi pedagogik, Supervisi akademik, Pedagogic competence, Academic supervision, Competency based teaching, Primary school teachers, Educational sciences
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Rulina Rahmawati
Date Deposited: 17 Jan 2024 09:31
Last Modified: 17 Jan 2024 09:31
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/22042

Actions (login required)

View Item
View Item