Ismiri, Liokabri (2022) Implementasi pendekatan scientific dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 di SD Negeri 85 Seluma. Jurnal Pendidikan AKSARA, 3 (1): 4. pp. 24-34. ISSN 2716-1692
2716-1692_3_1_2022-4.pdf - Published Version
Download (737kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi pendekatan scientifik dalam pembelajaran berbasis kurikulum 2013 yang dilakukan oleh guru-guru di SD Negeri 85 Seluma tahun 2020. Pendekatan ilmiah adalah pendekatan yang berfokus pada teknik investigasi pada fenomena, mendapatkan pengetahuan baru, atau mengoreksi dan menghubungkan pengetahuan sebelumnya. Pendekatan ilmiah adalah pendekatan baru dalam pembelajaran berbasis kurikulum 2013. Penelitian ini memiliki tiga fokus penelitian yaitu: 1) Bagaimana guru membuat perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik 2) Bagaimana penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran berbasis kurikulum 2013 di SD Negeri 85 Seluma. Subjek dalam penelitian ini adalah 7 orang guru SD Negeri 85 Seluma yang berstatus sebagai ASN dan honorer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, prosentase guru yang menggunakan pendekatan scientific dalam perencanaan pembelajaran mencapai 55,57%. Guru SD Negeri 85 Seluma merencanakan proses pembelajaran mereka dengan menulis rencana pelajaran terlebih dahulu. Kedua, penerapan pendekatan ilmiah dalam pembelajaran berbasis kurikulum 2013 di SD Negeri 85 Seluma tahun 2020 tidak berjalan dengan baik. Hasil observasi menunjukkan bahwa prosentase guru yang menggunakan pendekatan scientific dalam pelaksanaan pembelajara mencapai 70,29. Ketiga, sebagian besar guru di SD Negeri 85 Seluma mengalami kesulitan dalam memfasilitasi siswa untuk bertanya dan menjawab pertanyaan kepada teman atau guru mereka. Ini berarti bahwa para guru masih mengalami kesulitan dalam mengimplementasikan langkah pendekatan ilmiah. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah implementasi pendekatan scientific dalam pembelajaran di SD Negeri 85 Seluma tahun 2020 belum sepenuhnya bisa diterapkan khususnya dalam pelaksanaan pembelajaran meski pun secara konseptual (perencanaan) pembelajaran guru sudah mencantumkan pendekatan scientific.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Scientific approach, 2013 curriculum-based learning, Curriculum-based assessment, Primary school teachers |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Rulina Rahmawati |
Date Deposited: | 17 Jan 2024 07:47 |
Last Modified: | 17 Jan 2024 07:47 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/22040 |