Rosmawilis, Rosmawilis (2022) Peningkatan hasil belajar PKN materi memaknai peraturan perundang-undangan menggunakan pembelajaran saintifik siswa kelas VIII.E SMPN 7 Seluma. Jurnal Pendidikan AKSARA, 3 (1): 3. pp. 17-23. ISSN 2716-1692
2716-1692_3_1_2022-3.pdf - Published Version
Download (424kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada materi memaknai peraturan perundang- undangan melalui pembelajaran saintifik siswa kelas VIII E SMP Negeri 7 Seluma. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan selama tiga bulan. Penelitian Tindakan Kelas dilakukan dalam dua siklus tindakan, di mana setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil yang telah dicapai pada PTK ini adalah sebagai berikut; Siklus 1; aktivitas siswa 80%, Aktivitas guru 81%, dan ketuntasan belajar secara klasikal 78%. Siklus 2; aktivitas siswa 92%, aktivitas guru 92%, dan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 96%. Dengan demikian, penerapan model Pembelajaran Saintifik pada penyajian materi memaknai peraturan perundang-undangan di kelas VIII E SMP Negeri 7 Seluma dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning outcomes, Student activities, Teacher activities, Scientific learning |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Rulina Rahmawati |
Date Deposited: | 17 Jan 2024 07:41 |
Last Modified: | 17 Jan 2024 07:41 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/22037 |