Amrizal, Amrizal (2022) Meningkatkan hasil belajar PAI materi meyakini kitab-kitab Allah melalui pembelajaran model problem based learning pada siswa kelas VIII.A SMPN 7 Seluma. Jurnal Pendidikan AKSARA, 3 (1): 2. pp. 10-16. ISSN 2716-1692
2716-1692_3_1_2022-2.pdf - Published Version
Download (425kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar PAI materi meyakini kitab Al qur’an melalui model pembelajaran berbasis masalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 7 Seluma. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan selama tiga bulan. Bentuk tindakan berupa siklus, di mana setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu; perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil-hasil yang diperoleh dalam pelaksanaan tindakan pada PTK ini adalah; Siklus 1; Aktivitas guru 81,45%, aktivitas siswa 79%, dan Ketuntasan belajar secara klasikal 62,9%. Siklus 2; Aktivitas guru 95%, aktivitas siswa 98%, dan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 100%. Dengan demikian penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah telah dapat meningkatkan hasil belajar pada materi Meyakini Kitab Al Qur’an bagi siswa kelas VIII A SMP Negeri 7 Seluma.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning outcomes, PBM, Student activities, Teacher activities |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Rulina Rahmawati |
Date Deposited: | 17 Jan 2024 01:42 |
Last Modified: | 17 Jan 2024 01:42 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/22034 |