Penerapan metode problem solving dalam meningkatkan hasil belajar IPS Kelas IX B SMP Negeri 7 Seluma

Evayanti, Evayanti (2022) Penerapan metode problem solving dalam meningkatkan hasil belajar IPS Kelas IX B SMP Negeri 7 Seluma. Jurnal Pendidikan AKSARA, 3 (1): 1. pp. 1-9. ISSN 2716-1692

[thumbnail of 2716-1692_3_1_2022-1.pdf]
Preview
Text
2716-1692_3_1_2022-1.pdf - Published Version

Download (948kB) | Preview
Official URL: http://-

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS pada siswa kelas IX.B SMP Negeri 7 Seluma melalui penerapan Metode Problem Solving. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus dan tiap-tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek Penelitian adalah siswa kelas IX.B SMP Negeri 7 Seluma Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 30 orang siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan analisis persentase. Adapun Kriteria ketuntasan belajar klasikal disepakati sebesar ≥80% dengan nilai KKM sebesar ≥70. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPS materi Mendeskripsikan kondisi fisik wilayah dan penduduk. Pada siklus I aktivitas siswa dalam pembelajaran mencapai 45,84%, pada siklus II meningkat menjadi 58,06 dan pada siklus III naik menjadi 68,06%. Hasil belajar dilihat dari hasil tes setiap siklus menunjukkan peningkatan yaitu nilai rata-rata kelas pada siklus I mencapai 60,57 meningkat menjadi 70,56 pada siklus II dan pada siklus III naik menjadi 80,33. Hasil tersebut telah memenuhi kriteria keberhasilan yang disepakati sebesar ≥80% siswa memperoleh nilai yang ditentutan. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa Penerapan Metode Problem Solving dapat Meningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas IX.B SMP Negeri 7 Seluma Tahun Pelajaran 2020/2021.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Problem solving method, Learning outcomes, Social studies, Metode problem solving, Hasil belajar, IPS
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Rulina Rahmawati
Date Deposited: 17 Jan 2024 01:27
Last Modified: 17 Jan 2024 01:27
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/22033

Actions (login required)

View Item
View Item