Hubungan antara komunikasi terapeutik perawat dan karakteristik responden dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap di Puskesmas Darma Kuningan tahun 2021

Nining, Rusmianingsih and Nur, Wulan and Sri, Trianingsih (2022) Hubungan antara komunikasi terapeutik perawat dan karakteristik responden dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap di Puskesmas Darma Kuningan tahun 2021. Journal of Public Health Innovation (JPHI), 2 (2): 11. pp. 199-212. ISSN 2775-1155

[thumbnail of 2775-1155_2_2_2022-11.pdf]
Preview
Text
2775-1155_2_2_2022-11.pdf - Published Version

Download (470kB) | Preview

Abstract

Banyak masyarakat yang merasakan ketidakpuasan dan beranggapan komunikasi yang dilakukan perawat masih belum optimal. Hasil studi pendahuluan di Puskesmas Darma
didapatkan data 4 pasien mengatakan puas dan 9 orang pasien mengatakan kurang puas terhadap pelayanan yang mereka terima salah satunya yaitu kurangnya komunikasi terapeutik dari perawat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara komunikasi terapeutik perawat dan karakteristik responden dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap di Puskesmas Darma Kuningan. Jenis penelitian ini adalah analitik cross sectional. Sebanyak 50 responden diambil dengan purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan lembar kuesioner. Uji bivariat menggunakan rank spearman dan multivariat regresi linear. Analisis univariat diperoleh sebagian besar komunikasi terapeutik perawat cukup baik (80.0%), kepuasan pasien cukup puas (52.0%), usia responden 20-30 tahun (32.0%), jenis kelamin perempuan (66.0%), pendidikan SD (40.0%), pekerjaan lainnya (60.0%). Analisis
bivariat komunikasi terapeutik dengan tingkat kepuasan (p = 0.466), jenis kelamin (p = 0.414), pendidikan (p = 0.657), dan pekerjaan (p = 0.33). Hasil uji regresi linear diperoleh (p = 0.290).Tidak terdapat hubungan antara komunikasi terapeutik perawat dan karakteristik responden dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap di Puskesmas Darma Kuningan. Oleh sebab itu, perlu diadakan pelatihan khusus untuk perawat terkait komunikasi terapeutik serta pelatihan lain untuk menciptakan kepuasan pasien.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Satisfaction, Therapeutic communication, Patient, Nurses, Patient satisfaction
Subjects: Health Resources > Health Services
Health Resources > Health Care Needs & Demands
Depositing User: - Elfrida Meryance Saragih
Date Deposited: 17 Jan 2024 07:29
Last Modified: 17 Jan 2024 07:29
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/22018

Actions (login required)

View Item
View Item