Faktor yang berhubungan dengan kunjungan berulang pasien peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) (studi pada klinik Pratama Orinda Kuningan) tahun 2021

Agah, Nugraha and Rossi, Suparman and Mamlukah, Mamlukah and Susianto, Susianto (2022) Faktor yang berhubungan dengan kunjungan berulang pasien peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) (studi pada klinik Pratama Orinda Kuningan) tahun 2021. Journal of Public Health Innovation (JPHI), 2 (2): 8. pp. 168-177. ISSN 2775-1155

[thumbnail of 2775-1155_2_2_2022-8.pdf]
Preview
Text
2775-1155_2_2_2022-8.pdf - Published Version

Download (578kB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan jaminan kesehatan nasional (JKN) di Indonesia sejak tahun 2014 telah merubah pola perilaku pencarian pengobatan pada masyarakat termasuk kunjungan berulang
ke klinik pratama menjadi aktif. Sehingga berpotensi terjadinya kunjungan berulang (kunjungan >1 kali). Klinik Orinda di Kuningan, termasuk klinik dengan kunjungan berulang tertinggi oleh masyarakat sehingga perlu diketahui dan dianalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan pola kunjungan berulang. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan kunjungan berulang pada pasien peserta JKN di Klinik Orinda Kabupaten Kuningan tahun 2021. Jenis penelitian ini observasional analitik dengan desain cross sectional. Populasi penelitian ini berjumlah 780 orang (Maret-Mei 2021) dan sampel sebanyak 265 responden dengan teknik Consecutive Sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar kuesioner dan melakukan wawancara. Analisis data meliputi analisis univariat, analisis bivariat Chi-Square, dan analisis multivariat Regresi Logistik. Analisis Bivariat: Persepsi Sakit (P=0,047), Keyakinan Akan Kesembuhan (P=0,001), Persepsi Kualitas Layanan (P=0,000), Dukungan Keluarga (P=0,012), Jenis Kepesertaan (P=0,039). Analisis Multivariat: Persepsi Sakit (p=0,047, 95% CI:0,789-2,595). Semua variabel berhubungan dengan kunjungan berulang pada pasien peserta JKN di Klinik Orinda tahun 2021. Dengan begitu, diharapkan pasien BPJS lebih giat untuk literasi tentang penyakit dan pencegahannya agar tidak melakukan kunjungan berulang jika dianggap masih bisa disembuhkan sendiri atau di rumah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kunjungan berulang, JKN, Klinik Pratama, Repeat visits, JKN, Pratama clinic, Health insurance, Jaminan Kesehatan Nasional,
Subjects: Health Resources
Health Resources > Health Services
Depositing User: - Elfrida Meryance Saragih
Date Deposited: 17 Jan 2024 08:40
Last Modified: 17 Jan 2024 08:40
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/22008

Actions (login required)

View Item
View Item