Aktivitas konveksi di Kototabang berbasis X-Band Meteorological Radar

Juaeni, Ina (2011) Aktivitas konveksi di Kototabang berbasis X-Band Meteorological Radar. In: Seminar Nasional Sains Atmosfer dan Antariksa 2011, 22 November 2011, Puspiptek-Serpong.

[thumbnail of Prosiding_Juaeni_LAPAN_2011.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Juaeni_LAPAN_2011.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Distribusi horisontal dari precipitation echo yang diamati oleh X-band meteorological radar pada ketinggian 2 km dalam periode campaigns pada bulan-bulan basah yaitu 2 sampai 28 November 2002 dan 10 November sampai 9 Desember 2005 serta bulan kering yaitu 10 April sampai 5 Mei 2004, memperlihatkan aktivitas konveksi di atas Kototabang dan area sekeliling yang berada dalam jangkauan radar (area berbentuk lingkaran dengan jari-jari 30 km). Pada bulan-bulan basah, yaitu November 2002 dan Desember 2005, distribusi horisontal precipitation echo cukup rapat dengan frekuensi maksimum sekitar 45 db (desibel). Tutupan awan yang diamati dari distribusi precipitation echo bervariasi dari 2,5% sampai 90% terhadap luas total sesuai jangkauan radar. Aktivitas konveksi dimulai pagi hari dan kemudian mencapai maksimum pada sore hari. Massa konveksi yang berada di atas Kototabang pada umumnya berasal dari arah barat, barat laut, timur, timur laut dan tenggara, kadang­ kadang berasal dari arah utara atau selatan Kototabang. Aktivitas konveksi tersebut menghasilkan hujan dengan laju maksimum sekitar 40 mm/jam berdasarkan ORG (Optical Rain Gauge). Kekuatan konveksi vertikal/lokal yang diamati dari precipitation echo sangat lemah, baik di musim hujan maupun musim kemarau. Frekuensi kejadian konveksi vertikal hanya sekitar 0,05% dari seluruh aktivitas konveksi dan hanya menghasilkan hujan ringan berdasarkan ORG.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Taksonomi LAPAN > Sains Antariksa dan Atmosfer > Penelitian, Pengembangan, dan Perekayasaan > Sains Teknologi Atmosfer > Lingkungan Atmosfer
Divisions: LAPAN > Deputi Sains Antariksa Dan Atmosfer > Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer
Depositing User: - Aullya -
Date Deposited: 27 Aug 2024 07:16
Last Modified: 27 Aug 2024 07:16
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/21943

Actions (login required)

View Item
View Item