Analisis karakteristik angin zonal-meridional selama radiosonda campaign di Kototabang

Sofiati, Iis and Visa, Juniarti (2011) Analisis karakteristik angin zonal-meridional selama radiosonda campaign di Kototabang. In: Seminar Nasional Sains Atmosfer dan Antariksa 2011, 22 November 2011, Puspiptek-Serpong.

[thumbnail of Prosiding_Sofiati_LAPAN_2011.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Sofiati_LAPAN_2011.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian angin zonal (komponen angin Timur-Barat) maupun meridional (komponen angin Utara-Selatan) sangat penting untuk mengetahui salah satu fenomena atmosfer yang mempunyai peranan dalam penentuan prediksi cuaca baik regional maupun global. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik angin (zonal dan meridional) di Kototabang. Pada penelitian ini dianalisa kondisi angin zonal dan meridional berdasarkan data peluncuran radiosonda yang dilaksanakan pada bulan Desember 2010 dan data angin dari Equatorial Atmosphere Radar (EAR) di Kototabang (0.20°LS, 100.32°BT). Dari hasil terlihat bahwa dinamika angin zonal memperlihatkan perubahan arah yang signifikan pada ketinggian sekitar 17 km. Dari permukaan sampai ketinggian sekitar 5 km, terjadi angin baratan (westerly) dengan kecepatan 5-15 m/det, kemudian terjadi angin timuran (easterly) dengan kecepatan rata-rata 40 m/det sampai ketinggian sekitar 16 km. Setelah itu bergerak menuju barat kembali dengan kecepatan rata-rata 10 m/detik sampai ketinggian 25 km dengan intensitas tinggi. Pada angin meridional dari tanggal 3-7 Desember terjadi angin dari arah utara dengan kecepatan rata-rata 3 m/detik sampai ketinggian 5 km, setelah itu sering berubah arah utara-selatan dengan kecepatan 2-7 m/detik sampai ketinggian 15 km. Dari tanggal 7-19 Desember, dari permukaan sampai ketinggian 5 km terjadi angin dari arah selatan dengan kecepatan rata-rata 4m/detik, setelah itu kembali sering berubah arah utara-selatan dengan kecepatan yang lebih tinggi sekitar 4-10 meter/detik sampai ketinggian 25 km.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Taksonomi LAPAN > Sains Antariksa dan Atmosfer > Penelitian, Pengembangan, dan Perekayasaan > Sains Teknologi Atmosfer > Lingkungan Atmosfer
Divisions: LAPAN > Deputi Sains Antariksa Dan Atmosfer > Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer
Depositing User: - Aullya -
Date Deposited: 26 Aug 2024 04:07
Last Modified: 26 Aug 2024 04:07
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/21934

Actions (login required)

View Item
View Item