Konsistensi angin zonal terhadap posisi ITCZ untuk menentukan onset monsun

Yulihastin, Erma and Fathrio, Ibnu (2011) Konsistensi angin zonal terhadap posisi ITCZ untuk menentukan onset monsun. In: Seminar Nasional Sains Atmosfer dan Antariksa 2011, 22 November 2011, Puspiptek-Serpong.

[thumbnail of Prosiding_Yulihastin_LAPAN_2011.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Yulihastin_LAPAN_2011.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Konsistensi pola angin zonal terhadap posisi Inter-Tropical Convergence Zone (ITCZ) di Benua Maritim Indonesia (BMI) bagian selatan (2-10°LS, 105-150°BT) diteliti menggunakan data Satelit NOAA NCEP/NCAR Reanalysis dan Satelit MTSAT pada tahun 2008, 2009, 2010, 2011. Hasil menunjukkan bahwa angin zonal pada ketinggian 850 milibar memiliki pola yang konsisten terhadap posisi ITCZ yang digambarkan berdasarkan data awan satelit MTSAT. Angin monsun barat terlihat sangat kuat pada saat posisi ITCZ berada di selatan ekuator. Sebaliknya, angin monsun timur yang kuat terjadi bersamaan dengan posisi ITCZ berada di utara ekuator. Ketika terjadi lompatan posisi ITCZ dari utara (selatan) ekuator ke selatan (utara) ekuator, maka pada saat yang bersamaan terjadi perubahan angin timur (barat) menjadi angin barat (timur). Periode terjadinya lompatan posisi ITCZ dan perubahan arah angin tersebut dapat digunakan untuk menentukan hari terjadinya onset monsun di BMI bagian selatan. Karakteristik angin zonal yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi onset monsun yakni apabila perubahan arah angin memiliki kekuatan yang cukup signifikan (>3 m/s) dan terjadi dalam durasi yang cukup lama sehingga cenderung bersifat peristen dan permanen (>1 dasarian). Gangguan pada skala sinoptik atau regional yang terjadi di Samudera Pasifik dapat mempengaruhi kestabilan angin zonal di musim peralihan. Fase La Nina cenderung berpengaruh pada penguatan angin barat di kawasan selatan Benua Maritim Indonesia seperti pada tahun 2008 dan 2011. Sebaliknya, El Nino telah memperlemah angin timur sehingga angin barat cenderung tetap berlangsung sebagaimana terjadi pada tahun 2010.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Taksonomi LAPAN > Sains Antariksa dan Atmosfer > Penelitian, Pengembangan, dan Perekayasaan > Sains Teknologi Atmosfer > Atmosfer Maritim
Divisions: LAPAN > Deputi Sains Antariksa Dan Atmosfer > Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer
Depositing User: - Aullya -
Date Deposited: 21 Aug 2024 05:29
Last Modified: 21 Aug 2024 05:29
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/21927

Actions (login required)

View Item
View Item