Pergerakan meridional dan zonal ITCZ dalam kaitannya dengan curah hujan di Wilayah Benua Maritim Indonesia

Satiadi, Didi (2011) Pergerakan meridional dan zonal ITCZ dalam kaitannya dengan curah hujan di Wilayah Benua Maritim Indonesia. In: Seminar Nasional Sains Atmosfer dan Antariksa 2011, 22 November 2011, Puspiptek-Serpong.

[thumbnail of Prosiding_Satiadi_LAPAN_2011.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Satiadi_LAPAN_2011.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Inter-Tropical Convergence Zone (ITCZ) merupakan fitur dinamika atmosfer yang dominan di wilayah tropis sehingga mempengaruhi cuaca dan iklim di wilayah ini antara lain dalam modulasi angin, awan dan hujan. ITCZ merupakan cabang ke atas dari Sirkulasi Hadley yang dapat diamati dengan jelas dari citra satelit sebagai pita awan di wilayah tropis yang membentang sepanjang garis lintang dari barat ke timur. ITCZ melakukan pergerakan meridional (utara-selatan) mengikuti pergerakan semu posisi matahari. Penelitian mengenai perilaku pergerakan ITCZ sangat penting untuk dilakukan antara lain untuk memahami fenomena Monsoon, El-Nino Southern Oscillation (ENSO), Indian Ocean Dipole Mode (IODM), modulasi Gelombang Katulistiwa Terkait Konveksi di dalam ITCZ yang dikenal sebagai Madden Julian Oscillation (MJO), serta lahirnya Siklon Tropis akibat kondisi ITCZ yang terputus­-putus dan berada jauh dari katulistiwa. Penelitian telah dilakukan untuk mempelajari pergerakan meridional dari ITCZ dengan menggunakan data curah hujan bulanan dari satelit Tropical Rainfall Measuring Mission (TRMM) tahun 1998-2010. Dalam penelitian ini, posisi ITCZ ditentukan sebagai posisi lintang dengan curah hujan maksimum menurut satelit TRMM. Hasil penelitian memperlihatkan lompatan­lompatan ke arah kutub dari posisi rata-rata ITCZ yang terjadi konsisten setiap tahunnya selama tahun 1998-2010. Hasil-Hasil ini mendukung hasil percobaan Chao dengan menggunakan model sirkulasi umum yang juga menunjukkan terjadinya lompatan­-lompatan dari ITCZ yang berkaitan dengan onset monsun. Penelitian juga telah dilakukan untuk mempelajari pergerakan zonal dari ITCZ yang memperlihatkan pola-pola migrasi yang cukup teratur.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Taksonomi LAPAN > Sains Antariksa dan Atmosfer > Penelitian, Pengembangan, dan Perekayasaan > Sains Teknologi Atmosfer > Atmosfer Maritim
Divisions: LAPAN > Deputi Sains Antariksa Dan Atmosfer > Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer
Depositing User: - Aullya -
Date Deposited: 21 Aug 2024 04:42
Last Modified: 21 Aug 2024 04:42
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/21922

Actions (login required)

View Item
View Item