Risa, Anggraini and Ardi, Ardi (2022) Meta-analisis praktikalitas penggunaan e-learning berbasis edmodo oleh guru dan peserta didik dalam pembelajaran. Jurnal Biologi dan Pembelajarannya (JBP), 9 (2): 1. pp. 62-68. ISSN 2406-8659
2406-8659_9_2_2022-1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (324kB) | Preview
Abstract
Media pembelajaran yang dapat dikembangkan oleh guru adalah e-learning berbasis edmodo. E-learning merupakan media pembelajaran berbasis web yang dapat diakses dengan adanya internet. Edmodo merupakan alat media pembelajaran lektronik sederhana yang digunakan untuk menyajikan isi pelajaran, bisa diakses menggunakan smartphone serta berguna bagi peserta didik dan guru untuk berinteraksi secara online diluar kelas dimana saja, kapan saja. Penelitian ini ertujuan untuk menganalisis praktikalitas penggunaan elearning berbasis edmodo terhadap guru dan peserta didik. Praktikalitas merupakan tingkat kemudahan penggunaan produk yang telah dikembangkan. Meta-analisis dilakukan dengan mengumpulkan artikel sejenis dengan cara mencari artikel dari beberapa jurnal melalui internet. Sampel yang digunakan
dalam penelitian ii sebanyak 8 artikel terkait penggunaan e-learning berbasis edmodo. Hasil penelitian ditemukan bahwa rata-rata tingkat praktikalitaspenggunaan e-learning erbasis edmodo olh guru sebesar 89,15 dengan kategori sangat praktis, sedangkan rata-rata tingkat praktikalitas oleh pesertadidik sebesar 87,02 dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil analisis penggunaan e-learning berbasis edmodo yang dikembangkan dapatdikategorikan praktis hingga layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Meta-analisis, Praktikalitas, Edmodo, E-learning, Study, Learning process |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 27 Sep 2023 02:52 |
Last Modified: | 27 Sep 2023 02:52 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/21863 |