Wiwin, Astutik (2021) Metode debat untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas X bahasa 1 MA Al-Mahrusiyah Lirboyo. Wacana: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajaran, 5 (1): 2. pp. 14-31. ISSN 2085-2053
2085-2053_5_1_2021-2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (625kB) | Preview
Abstract
Salah satu factor kurang efektifnya keterampilan berbicara pada siswa disebabkan ketika pembelajaran terlalu didominasi oleh guru dan tidak memberikan akses bagi anak didik untuk berkembang secara mandiri melalui penemuan dalam proses berpikirnya, siswa hanya diam dan tidak berani memberikan argumentasinya terhadap materi yang diberikan. Oleh karena itu, penulis mencoba melakukan upaya untuk menciptakan proses belajar mengajar yang lebih efektif dengan dengan menerapkan keterampilan berbicara dengan menggunakan metode debat. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui aktivitas guru dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa dengan metode debat. (2) Untuk mengetahui aktivitas siswa dalam meningkatkan keterampilan berbicara dengan metode debat. (3) Untuk mengetahui penerapan metode debat dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas X Bahasa 1 MA Al Mahrusiyah Lirboyo. Secara praktis, hasil penelitian ini dapat menjadi masukan dan metode bagi guru guna mengembangkan pembelajaran berbicara kelas X Bahasa I MA Al Mahrusiyah melalui metode diskusi, kemudian dapat menjadi alternatif cara belajar berbicara yang efektif dan tepat bagi siswa, serta dapat menjadi sumbangan ide untuk memperbaiki sistem pembelajaran berbicara yang lebih baik bagi sekolah.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan berbicara, Metode debat, Study, Learning, Skills |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities Language > Linguistics |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 27 Sep 2023 02:52 |
Last Modified: | 27 Sep 2023 02:52 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/21764 |