Analisis karakteristik pola curah hujan lokal dan kaitannya dengan suhu muka laut

Suryantoro, Arief (2011) Analisis karakteristik pola curah hujan lokal dan kaitannya dengan suhu muka laut. In: Seminar Nasional Sains Atmosfer dan Antariksa 2011, 22November 2011, Puspiptek-Serpong.

[thumbnail of Prosiding_Suryantoro_LAPAN_2011.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Suryantoro_LAPAN_2011.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Analisis perilaku curah hujan bulanan di daerah berpola curah hujan lokal dibahas dalam makalah ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik curah hujan bulanan di daerah berpola curah hujan lokal (studi kasus : Bandara Patimura Ambon) dalam kaitannya dengan perilaku suhu permukaan laut di wilayah Samudera Hindia dan Pasifik Barat Tropis selama 30 tahun pengamatan (Januari 1977-Desember 2006). Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa selama periode tersebut, curah hujan bulanan di Bandara Patimura Ambon memang menunjukkan pola loka1, dengan memiliki satu puncak dan satu lembah akumulasi curah hujan. Puncak akumulasi curah hujan bulanan dalam rentang tersebut terjadi di bulan Juni dengan nilai 501 mm, sedang nilai terendah terjadi pada bulan Nopember sebesar 73 mm. Curah hujan bulanan di Bandara Patimura Ambon ini memiliki korelasi yang baik dengan suhu muka laut di Samudera Hindia dan Pasifik Barat Tropis, masing-masing dengan nilai koefsien korelasi r=0,8 (Samudera Hindia Tropis, pada tahun 1993) dan r=0,7 (Samudera Pasifik Barat Tropis, pada tahun 1989). Dengan demikian, terdapat indikasi bahwa perilaku curah hujan bulanan di daerah Bandara Patimura Ambon ini memiliki keterkaitan yang erat dengan suhu permukaan laut di Wilayah Samudera Hindia dan Pasifik Barat Tropis.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Ocean Sciences & Technology > Marine Engineering
Taksonomi LAPAN > Sains Antariksa dan Atmosfer > Penelitian, Pengembangan, dan Perekayasaan > Sains Teknologi Atmosfer > Atmosfer Maritim
Divisions: LAPAN > Deputi Sains Antariksa Dan Atmosfer > Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer
Depositing User: - Aullya -
Date Deposited: 21 Aug 2024 01:30
Last Modified: 21 Aug 2024 01:38
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/21758

Actions (login required)

View Item
View Item