Penerapan metode drill dalam meningkatkan kemampuan pembuatan karya seni rupa 3 dimensi

Musriwin, Musriwin (2020) Penerapan metode drill dalam meningkatkan kemampuan pembuatan karya seni rupa 3 dimensi. Wacana: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajaran, 4 (2): 5. pp. 36-43. ISSN 2085-2053

[thumbnail of 2085-2053_4_2_2020-5.pdf]
Preview
Text
2085-2053_4_2_2020-5.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (353kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengungkap pengaruh metode drill terhadap peningkatan kemampuan pembuatan karya seni rupa 3 dimensi. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini: “Diduga metode pembelajaran latihan (drill) dapat meningkatkan kemampuan pembuatan karya seni rupa 3 dimensi terhadap siswa kelas X MIPA-5 SMA Negeri 1 Rejoso semester 1 tahun pelajaran 2019/2020”. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan, pengamatan, dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA-5 SMA Negeri 1 Rejoso semester 1 tahun pelajaran 2019/2020. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan pembelajaran. Hasil analisis menunjukkan bahwa metode pembelajaran drill pada materi “pembuatan karya seni rupa 3 dimensi” memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Dapat diketahui ketuntasan hasil belajar dari peningkatan kemampuan membuat karya seni rupa 3 dimensi, yaitu dari pra-siklus dengan presentase ketuntasan belajar sebesar 28,21% (11 siswa), siklus I dengan presentase ketuntasan belajar sebesar 46,15% (18 siswa), dan siklus II dengan presentase ketuntasan belajar sebesar 76,92% (30 siswa). Dengan demikian, dari hasil pengukuran skor ketuntasan belajar siswa kelas X MIPA-5 SMA Negeri 1 Rejoso Nganjuk semester 1 tahun pelajaran 2019/2020 yang dilakukan mulai dari pra-siklus, siklus I, dan siklus II maka dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan penggunaan metode drill pada pembuatan karya seni rupa 3 dimensi, maka hipotesis tindakan dalam penelitian ini dapat diterima.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kemampuan, Drill, Pembuatan karya senirupa 3 dimensi, High school students, Teaching methods, Educational environment
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 15 Nov 2023 06:38
Last Modified: 15 Nov 2023 06:38
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/21721

Actions (login required)

View Item
View Item