Strategi pembelajaran guru terhadap siswa lamban belajar (slow learner) dalam pembelajaran tematik (Studi kasus di SDN 006 Kampung IV Tarakan, Kalimantan Utara)

Ipon, Nonitasari (2020) Strategi pembelajaran guru terhadap siswa lamban belajar (slow learner) dalam pembelajaran tematik (Studi kasus di SDN 006 Kampung IV Tarakan, Kalimantan Utara). Wacana: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajaran, 4 (2): 3. pp. 19-26. ISSN 2085-2053

[thumbnail of 2085-2053_4_2_2020-3.pdf]
Preview
Text
2085-2053_4_2_2020-3.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (88kB) | Preview

Abstract

Menangani anak slow learner pada sekolah non inklusi bukanlah hal yang mudah dilakukan. Tidak semua guru mampu mengajar siswa slow learner yang bercampur dengan siswa reguler. Apalagi dengan jumlah siswa slow learner yang tidak sedikit. Sehingga guru harus memiliki strategi pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran tematik yakni pembelajaran yang menempatkan satu tema pada sejumlah mata pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi guru dalam menangani anak slow learner yang berada pada satu kelas yang sama dengan anak-anak reguler sehingga pembelajaran yang dilaksanakan tetap dapat meningkatkan kemampuan berpikir anak-anak slow learner di SDN 006 Kampung IV Tarakan, Kalimantan Utara. Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwasanya guru menggunakan strategi pembelajaran ceramah variasi, diskusi, dan pemecahan masalah dengan pengelolaan tempat duduk yang berganti-ganti, menggunakan pembelajaran yang menyenangkan, santai, tetapi serius yang disertai dengan penggunaan sistem reward dan punishment. Guru juga memberikan tambahan pelajaran sepulang sekolah sesuai dengan kebutuhan serta kerja sama orang tua dan guru yang tetap terjaga diharapkan dapat membantu guru dalam membuat perencanaan pembelajaran sekaligus menentukan alternatif penanganan yang tepat utamanya bagi slow learner.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran guru, Siswa lamban belajar, Pembelajaran tematik, Teaching methods, Primary school students, Learning materials
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 15 Nov 2023 06:31
Last Modified: 15 Nov 2023 06:31
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/21716

Actions (login required)

View Item
View Item