Implementasi model kooperatif pada pembelajaran matematika di era digital guna meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa

Sunni, Risdayati (2022) Implementasi model kooperatif pada pembelajaran matematika di era digital guna meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Bumi Persada, 1 (2): 2. pp. 9-14. ISSN 2829-9000

[thumbnail of 2829-9000_1_2_2022-2.pdf]
Preview
Text
2829-9000_1_2_2022-2.pdf

Download (104kB) | Preview

Abstract

Salah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan di Indonesia adalah masalah lemahnya proses pembelajaran. Siswa dalam proses pembelajaran kurang didorong untuk mengembangkan kemampuan berpikir. Rendahnya hasil belajar siswa dapat diartikan kurang efektifnya proses pembelajaran penyebabnya dapat berasal dari siswa, guru, minat dan motivasi siswa yang rendah, kinerja guru yang rendah, sarana dan prasarana yang kurang memadai tidak adanya kesesuaian antara kemampuan siswa dengan cara penyajian materi dan pengajaran guru yang masih tradisional. Hal ini terlihat dari rendahnya hasil belajar siswa sehingga matematika dirasakan sebagai pelajaran yang sulit untuk diterima. Rendahnya hasil belajar matematika siswa di kelas X MAN IC Tanah Laut pada pokok bahasan Barisan dan Deret. Hal ini diperkirakan karena pembelajaran yang selama ini diterapkan di kelas lebih didominasi oleh guru sehingga kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk lebih aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan aktivitas siswa dan guru, dan mengetahui hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif di era digital. Penelitian ini dirancang dan dilaksanakan menggunakan penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa X MAN IC Tanah Laut yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi dan tes. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik persentase dan perhitungan skor perkembangan. Hasil penelitian menunjukkan, aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif sesuai aspek-aspek aktivitas dalam pembelajaran kooperatif dan termasuk dalam kualifikasi baik. Aktivitas guru dalam pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif termasuk dalam kualifikasi sangat baik. Hasil belajar siswa setelah pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif berada pada kualifikasi baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran kooperatif, Era digital, Aktivitas belajar, Hasil belajar, Cooperative learning, Activity learning, Learning outcomes
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Dina -
Date Deposited: 01 Nov 2023 07:57
Last Modified: 01 Nov 2023 07:57
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/21610

Actions (login required)

View Item
View Item