Efektifitas pembelajaran online terhadap kreativitas siswa SMA Negeri 2 Syamtalira Aron

Lia, Rista and Andriani, Andriani (2022) Efektifitas pembelajaran online terhadap kreativitas siswa SMA Negeri 2 Syamtalira Aron. Jurnal Pendidikan Bumi Persada, 1 (2): 1. pp. 1-8. ISSN 2829-9000

[thumbnail of 2829-9000_1_2_2022-1.pdf]
Preview
Text
2829-9000_1_2_2022-1.pdf

Download (163kB) | Preview

Abstract

Salah satu pemanfaatan pembelajaran saat pandemi yaitu pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan sistem daring yang menjadikan materi pelajaran dapat dijangkau dengan mudah dan lebih luas oleh peserta didik. Pembelajaran dalam jaringan (online) juga mampu menumbuhkan kemandirian belajar mahasiswa. Belajar tanpa bimbingan langsung dari guru membuat siswa secara mandiri mencari informasi mengenai materi dan tugas-tugas yang diberikan kepada mereka. Beberapa aktivitas yang dilakukan adalah membaca buku referensi, artikel online, jurnal- jurnal ilmiah, atau berdiskusi dengan rekan sebaya melalui aplikasi pesan instan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan data yang digunakan peneliti antara lain wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hal di atas, pelaksanaan pembelajaran daring di kelas X MIA 2 SMA Negeri 2 Syamtalira Aron butuh beberapa perubahan dalam hal proses belajaran mengajar, terutama dalam pembelajaran TIK, karena dalam pelaksanaan pembelajaran daring siswa hanya diberikan tugas mengerjakan soal-soal evaluasi dan hanya sesekali praktik, dan guru pun tidak tahu apakan siswa benar-benar paham atau tidak. Mengingat siswa belajar di rumah didampingi oleh orang tua atau wali murid, sehingga tidak menutup kemungkinan jika tugas siswa dibantu oleh orang tua atau wali murid. Sehingga disini guru harus mampu membrikan sedikit inovasi dalam proses belajar mengajar, sehingga bisa meningkatkan kreativitas belajar siswa. Dengan memberikan video interaktif sebagai pembelajaran. Dari dari video tersebut guru memberikan tugas dengan mampu menyimpulkan hasil yang di tonton. Agar pembelajaran secara daring tidak monoton dengan hanya memberikan materi dan tugas semata kepada siswa

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring, Kreativitas, TIK, Electronic learning, Creativity, ICT in education
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Dina -
Date Deposited: 01 Nov 2023 07:20
Last Modified: 01 Nov 2023 07:20
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/21609

Actions (login required)

View Item
View Item