Tiermin, Sipayung (2023) Peningkatan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran Group Investigation (GI) siswa kelas VI SD Negeri 098145 Karang Sari. Inspirator Guru, 5 (2): 13. pp. 113-122. ISSN 2654-2536
2654-2536_5_2_2023-13.pdf
Download (371kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi pembelajaran IPA siswa kelas VI di SD Negeri 098145 Karang Sari yang menunjukkan bahwa hasil belajarnya masih rendah. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran Group Investigation (GI) pada siswa kelas VI SD Negeri 098145 Karang Sari Kecamatan Gunung Maligas Kabupaten Simalungun. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini siswa kelas VI sejumlah 24 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPA meningkat setelah diberikan tindakan melalui penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI). Rata-rata hasil belajar IPA meningkat dari siklus I, siklus II, ke siklus III. Adapun rata-rata hasil belajar IPA siswa meningkat dari siklus I sebesar 67,22 atau 58,33% menjadi 82,22 atau 66,66% pada siklus II, dan menjadi 88,22 atau 100% pada siklus III. Perbaikan yang dilakukan pada siklus II dan III yaitu pada tahap pengelompokkan yang semula tiap kelompok beranggotakan 6 orang menjadi 3 orang serta pengaturan waktu guru perlu lebih diperhatikan
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar IPA, Mmodel pembelajaran, Group Investigation (GI), Learning outcomes, Natural sciences, Learning methods |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Dina - |
Date Deposited: | 26 Oct 2023 06:48 |
Last Modified: | 26 Oct 2023 06:48 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/21600 |