Tuti, Mitilda (2023) Penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV SD Mangkalisoi 1. Inspirator Guru, 5 (2): 11. pp. 97-104. ISSN 2654-2536
2654-2536_5_2_2023-11.pdf
Download (329kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Fokus utama dari penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan metode demonstrasi untuk memperbaiki hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Mangkalisoi 1. Instrumen dari penelitian ini adalah silabus, RPP, dan lembaran kerja siswa, dan kuisioner serta lembar pengamatanan siswa. Hasil penelitian prasiklus atau sebelum perbaikan rata-rata 64,09, di siklus I menunjukkan peningkatan nilai rata-ratanya yaitu 71,81 dan pada silkus II lebih meningkat menjadi rata-rata 76,81. Sehingga dengan demikian penerapan metode demonstrasi mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Mangkalisoi 1
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode demostrasi, Hasil belajar, Bahasa Indonesia, Learning methods, Learning outcomes, Elementary school |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Dina - |
Date Deposited: | 26 Oct 2023 06:21 |
Last Modified: | 26 Oct 2023 06:21 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/21596 |