Upaya peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPS ekonomi melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Murung Satu Atap

Riduansyah, Riduansyah (2023) Upaya peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPS ekonomi melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Murung Satu Atap. Inspirator Guru, 5 (2): 10. pp. 89-96. ISSN 2654-2536

[thumbnail of 2654-2536_5_2_2023-10.pdf]
Preview
Text
2654-2536_5_2_2023-10.pdf

Download (326kB) | Preview

Abstract

Upaya peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPS Ekonomi melalui penggunaan model Pembelajaran kooperatif tipe TGT pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Murung Satu Atap Kecamatan Murung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS selama proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada mata pelajaran IPS Ekonomi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Murung Satu Atap Kecamatan Murung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Murung Satu Atap Kecamatan Murung yang berjumlah 36 orang orang. Sumber data berasal dari siswa, teman sejawat dan peneliti. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, test awal, turnamen, dan tes formatif. Validitas data menggunakan metode triangulasi teknik dan sumber. Analisis data yang digunakan dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS Ekonomi pada siswa kelas VIII

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran kooperatif, Tipe TGT, IPS Ekonomi, Cooperative learning,Learning processes, Economics
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Dina -
Date Deposited: 25 Oct 2023 08:05
Last Modified: 25 Oct 2023 08:05
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/21595

Actions (login required)

View Item
View Item