Konsep pendidikan Ikhwanus Shafa (dasar pemikiran Ikhwanus Shafa dalam pembelajaran di zaman now)

Khairina, Khairina (2022) Konsep pendidikan Ikhwanus Shafa (dasar pemikiran Ikhwanus Shafa dalam pembelajaran di zaman now). Jurnal Pendidikan Madrasah, 1 (2): 4. pp. 79-87. ISSN 2963-8674

[thumbnail of 2963-8674_1_2_2022-4.pdf]
Preview
Text
2963-8674_1_2_2022-4.pdf - Published Version

Download (811kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan membahas penerapan pemikiran Ikhwanus Shafa dalam pembelajaran di zaman now. Pendidikan dari masa ke masa mengalami perkembangan sesuai dengan tuntutan zaman. Berbicara mengenai pendidikan hal ini tidak akan terlepas dari peran, pendidik, peserta didik, kurikulum dan metode yang digunakan dalam proses pendidikan itu sendiri. Dalam mengoptimalkan fungsi masing-masing tentulah harus punya dasar dan konsep yang jelas dan dipengaruhi oleh pemikiran-pemikiran para filosof dan ulama generasi sebelumnya, diantaranya adalah Ikhwanus Shafa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kajian Pustaka dengan pendekatan kualitatif, dalam penelitian ini penulis dalam mengembangkan pengetahuan penelitian di samping dihadapkan langsung dengan data atau teks, juga dengan dukungan data di lapangan yang langsung penulis amati guna mendukung data studi Pustaka. Hasil dan pembahasan penelitian ini tentang konsep pemikiran Ikwanus Shafa tentang Pendidikan kalau kita kaitkan dengan pembelajaran di zaman sekarang sangatlah tepat, yakni pembelajaran dari konkret ke abstrak, di zaman sekarang lebih dikenal dengan istilah kontekstual.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Ikhwanus Shafa, Pendidikan, Konsep pemikiran, Kontekstual, Zaman sekarang, Thought and thinking--Religious aspects--Islam, Islamic education--Indonesia, Brotherhoods, Concept learning
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Rulina Rahmawati
Date Deposited: 12 Jan 2024 03:42
Last Modified: 26 Mar 2024 03:44
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/21585

Actions (login required)

View Item
View Item