Tengku, Aspalinda (2022) Implementasi metode pembelajaran index card match untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi klasifikasi. Jurnal Pendidikan Madrasah, 1 (2): 2. pp. 60-69. ISSN 2963-8674
2963-8674_1_2_2022-2.pdf - Published Version
Download (811kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Hasil belajar IPA materi Klasifikasi pada siswa VII.2 semester ganjil di MTs Negeri Tanjungpinang Tahun pelajaran 2021/2022 dapat di tingkatkan dengan menerapkan metode index Card Match. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang di laksanakan dalam dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan, pada setiap pertemuan di lengkapi instrumen test hasil belajar berupa pretest dan posttest. Metode yang di gunakan untuk menganalisis data hasil penelitian ini adalah metode Deskriptif. Untuk data kuantatif di analisis dengan mencari nilai rata-rata (mean) dan persentase ketuntasan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Metode pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi Klasifikasi terbukti dari hasil yang diperoleh pada Pra Siklus nilai rata-rata hasil belajar 42,28 dengan persentase ketuntasan belajar 7,14% meningkat pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar menjadi 70,98 dengan persentase ketuntasan belajar 71,34% dan pada Siklus II nilai rata-rata hasil belajar meningkat menjadi 75,67 dengan persentase ketuntasan belajar 78,57%. Kesimpulan yang diperoleh bahwa implementasi metode pembelajaran Index Card Match pada penelitian ini berhasil meningkatkan hasil belajar IPA materi Klasifikasi pada siswa kelas VII.2 semester ganjil MTs Negeri Tanjungpinang tahun pelajaran 2021/2022.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, Metode index card match, IPA |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Rulina Rahmawati |
Date Deposited: | 15 Jan 2024 06:47 |
Last Modified: | 15 Jan 2024 06:47 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/21581 |