Best practice: Media game edukasi ular tangga dan TTS fisika berbasis Canva terhadap motivasi peserta didik

Jasmi, Roza (2022) Best practice: Media game edukasi ular tangga dan TTS fisika berbasis Canva terhadap motivasi peserta didik. Jurnal Pendidikan Madrasah, 1 (2): 1. pp. 54-59. ISSN 2963-8674

[thumbnail of 2963-8674_1_2_2022-1.pdf]
Preview
Text
2963-8674_1_2_2022-1.pdf - Published Version

Download (741kB) | Preview

Abstract

Semenjak masa pandemi pembelajaran berlangsung daring. Guru perlu berinovasi untuk mengembangkan model pembelajaran berbasis digital. Namun dampak lain dari pembelajaran daring adalah motivasi belajar peserta didik menurun. Oleh karena itu, menghadapi peserta didik generasi Z perlu inovasi media pembelajaran berbasis digital. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metoda penelitian one shot case studi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan media pembelajaran Permainan Ular Tangga dan TTS Fisika Berbasis Canva terhadap motivasi belajar peserta didik. Subjek penelitian adalah peserta didik Kelas XI IPA dan XII IPA sejumlah 138 orang. Penelitian dilaksanakan di MAN Batam pada semester genap TP 2021/2022. Instrumen penelitian adalah angket dan wawancara. Hasil penelitian sebagai Best Practice bagi penulis, dikarenakan semua responden memberikan respon dan tanggapan positif. Hal ini pengalaman terbaik penulis dalam menerapkan penggunaan media pembelajaran. Hasil penelitian menyatakan bahwa penggunaan media Ular Tangga dan TTS Fisika Berbasis Canva dapat meningkatkan motivasi belajar fisika pada materi Suhu dan Kalor.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Media ular tangga, TTS fisika, Canva, Motivasi belajar
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Rulina Rahmawati
Date Deposited: 15 Jan 2024 06:50
Last Modified: 15 Jan 2024 06:50
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/21579

Actions (login required)

View Item
View Item