Atha, Narentha Octaviano and Faza, Abdillah Ramadhan and Yogiek, Indra Kurniawan (2023) Game edukasi “Adventure of English” sebagai media pembelajaran bahasa Inggris siswa sekolah dasar. KONTAK: Jurnal Komputer dan Teknik Informatika, 1 (1): 3. pp. 31-38. ISSN 2986-8343
2986-8343_1_1_2023-3.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (932kB) | Preview
Abstract
Banyak Sekolah Dasar di Indonesia tidak memberikan pembelajaran Bahasa Inggris karena bukan mata pelajaran yang wajib ada untuk siswa-siswi sekolah dasar sehingga membuat minat bahasa inggris sejak dini sangat kurang. Salah satu cara untuk menarik perhatian anak untuk belajar bahasa Inggris adalah dengan diberikannya media seperti game untuk anak sekolah dasar agar anak-anak dapat bermain sambil belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk membangun game edukasi untuk pembelajaran Bahasa inggris bagi siswa sekolah dasar, yang diberi nama “Adventure of English”. Game Adventure of English memiliki beberapa menu, diantaranya adalah Play, Materi, dan Quiz. Berdasarkan pengujian blackbox yang telah dilakukan, didapat hasil bahwa game Adventure of English telah sesuai dengan yang diharapkan oleh pengembang aplikasi, sedangkan berdasarkan hasil User Acceptance Test, didapatkan nilai persepsi user sebesar 67.09 yang berada pada indikator kategori baik, sehingga game ini layak untuk digunakan dalam pembelajaran Bahasa inggris.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahasa Inggris, Blackbox testing, Game edukasi, Sekolah dasar, User acceptance testing. Activity learning, Elementary school, English Language. |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities Language > Linguistics |
Depositing User: | - Anneke - |
Date Deposited: | 13 Sep 2023 08:07 |
Last Modified: | 13 Sep 2023 08:07 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/21564 |