Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar ipa materi zat aditif dan adiktif

Andi, Wahid Nasution (2022) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar ipa materi zat aditif dan adiktif. Jurnal Pendidikan AKSARA, 3 (2): 3. pp. 17-24. ISSN 2716-1692

[thumbnail of 2716-1692_3_2_2022-3.pdf]
Preview
Text
2716-1692_3_2_2022-3.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII.B SMP Negeri 8 Seluma pada materi Zat Aditif dan Zat Adiktif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus, dan pada setiap siklus dilakukan dalam empat tahapan, yaitu; perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam PTK ini terdiri ddari penulis sendiri, siswa kelas VIII b yang berjumleh 27 orang dan dibantu oleh seorang guru yang bertindak sebagai seorang pengamat. PTK ini dilaksanakan selama tiga bulan mulai bulan Juli sampai dengan bulan September 2022. Hasil-hasil yang diperoleh dari PTK ini adalah sebagai berikut. Siklus 1; aktivitas guru 86,32%, aktivitas siswa 73,93%, rata-rata tes formatif 1; 70,18 dengan ketuntasan secara klasikal sebesar 70,73%. Siklus 2; aktivitas guru 91,42%, aktivitas siswa 92,96%, rata-rata tes formatif 2; 72,70 dengan ketuntasan secara klasikal sebesar 85,18%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD telah dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII B SMP Negeri 8 Seluma mata pelajaran IPA materi Zat Aditif dan Adiktif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran kooperatif tipe STAD, Hasil belajar siswa. Learning methods, educational output.
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Chemistry > Analytical Chemistry
Depositing User: - Anneke
Date Deposited: 21 Nov 2023 02:36
Last Modified: 21 Nov 2023 02:36
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/21562

Actions (login required)

View Item
View Item