Sri, Hastuti (2022) Penerapan model experiential learning (el) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas vii c mata pelajaran ipa materi sistem organisasi kehidupan. Jurnal Pendidikan AKSARA, 3 (2): 2. pp. 9-16. ISSN 2716-1692
2716-1692_3_2_2022-2.pdf - Published Version
Download (784kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi Sistem Organisasi Kehidupan pada siswa Kelas VII.C SMP Negeri 1 Seluma melalui penerapan model Experiential Learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pnelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, di mana setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu; perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.. PTK ini dilaksanakan selama tiga bulam mulai bulan Maret sampai dengan bulan Mei 2021. Sebagai subjek PTK adalah penulis sendiri dan siswa kelas VIIC yang berjumlah 25 orang dan dibantu oleh seorang guru yang bertindak sebagai observer. Hasil-hasil yang telah dicapai dari pelaksanaan tindakan adalah sebagai berikut; Siklus 1; keaktifan siswa baru mencapai 37,33%, keaktifan guru baru mencapai 54,54%, nilai rata-rata kelas 69,20 dengan ketuntasan secara klasikal sebesar 68%. Hasil Tindakan pada Siklus 2; keaktifan siswa baru mencapai 60%, keaktifan guru baru mencapai 590,9%, nilai rata-rata kelas 72,00 dengan ketuntasan secara klasikal sebesar 88%.. Dengan demikian. dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Experiential Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Seluma mata pelajaran IPA materi Sistem Organisasi Kehidupan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar ipa, Pembelajaran model experiental learning. educational output, Learning models, High School students. |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities Social and Political Sciences > Social Concerns |
Depositing User: | - Annisa - |
Date Deposited: | 21 Nov 2023 02:34 |
Last Modified: | 21 Nov 2023 02:34 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/21559 |