Suparyo, Suparyo (2023) Peningkatan hasil belajar ips ekonomi menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada pokok bahasan perusahaan dan badan usaha siswa kelas vii.2 SMP Negeri 5 Kota Tangerang Selatan. Jurnal Investigasi : Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 4 (1): 12. pp. 117-127. ISSN 2720-9334
2720-9334_4_1_2023-12.pdf
Download (286kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pembelajaran ekonomi pokok bahasan Perusahaan dan Badan Usaha di kelas VII.2 SMP Negeri 5 Kota Tangerang Selatan Tahun Pelajaran 2020/2021. Metode yang di gunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian model Kemmis & Mc Taggart yang dilakukan dalam 2 siklus. Hasil pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada pelajaran IPS-Ekonomi dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Rata-rata skor yang dicapai siswa diakhir siklus I adalah 75 dengan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 88 %. Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan secara klasikal aktivitas belajar siklus II sebesar 82,5 %. Seluruh aspek ini mengalami peningkatan dari siklus pertama hingga siklus kedua dari kualitas cukup baik menjadi baik.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran, Pembelajaran berbasis masalah, Badan usaha. Learning models, Educational output, Business Enterprise. |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities Economics and Business |
Depositing User: | - Annisa - |
Date Deposited: | 21 Nov 2023 02:31 |
Last Modified: | 21 Nov 2023 02:31 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/21549 |