Peningkatan hasil belajar ips ekonomi menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada pokok bahasan perusahaan dan badan usaha siswa kelas vii.2 SMP Negeri 5 Kota Tangerang Selatan

Suparyo, Suparyo (2023) Peningkatan hasil belajar ips ekonomi menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada pokok bahasan perusahaan dan badan usaha siswa kelas vii.2 SMP Negeri 5 Kota Tangerang Selatan. Jurnal Investigasi : Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 4 (1): 12. pp. 117-127. ISSN 2720-9334

[thumbnail of 2720-9334_4_1_2023-12.pdf]
Preview
Text
2720-9334_4_1_2023-12.pdf

Download (286kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pembelajaran ekonomi pokok bahasan Perusahaan dan Badan Usaha di kelas VII.2 SMP Negeri 5 Kota Tangerang Selatan Tahun Pelajaran 2020/2021. Metode yang di gunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian model Kemmis & Mc Taggart yang dilakukan dalam 2 siklus. Hasil pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada pelajaran IPS-Ekonomi dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Rata-rata skor yang dicapai siswa diakhir siklus I adalah 75 dengan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 88 %. Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan secara klasikal aktivitas belajar siklus II sebesar 82,5 %. Seluruh aspek ini mengalami peningkatan dari siklus pertama hingga siklus kedua dari kualitas cukup baik menjadi baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran, Pembelajaran berbasis masalah, Badan usaha. Learning models, Educational output, Business Enterprise.
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Economics and Business
Depositing User: - Annisa -
Date Deposited: 21 Nov 2023 02:31
Last Modified: 21 Nov 2023 02:31
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/21549

Actions (login required)

View Item
View Item