Tuti, Nursasih (2023) Penerapan metode pembelajaran bermain peran pada materi kemerdekaan mengemukakan pendapat untuk meningkatkan sikap toleransi siswa kelas vii.4 SMP Negeri 1 Kota Tangerang Selatan. Jurnal Investigasi : Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 4 (1): 9. pp. 81-95. ISSN 2720-9334
2720-9334_4_1_2023-9.pdf - Published Version
Download (451kB) | Preview
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengalisis perencanaan, pelaksanaan, dan sikap toleransi siswa melalui penggunaan metode pembelajaran bermain peran pada mata pelajaran PPKn siswa kelas VII.4 SMP Negeri 1 Tangerang Selatan Tahun Pelajaran 2020/2021 menggunakan Metode Penelitian Tindakan kelas. Hasil penelitian pada siklus I perolehan data pada siklus I sebesar 77.5% dan meningkat pada siklus II sebesar 97.5%. Dengan demikian, penerapan metode pembelajaran bermain peran tidak hanya dapat meningkatkan motivasi belajar pada siswa. Selain itu, guru dapat meningkatkan penanaman nilai-nilai melalui proses
pembelajaran kedalam diri siswa khususnya nilai sikap toleransi, dan siswa dapat menjadi pribadi yang lebih baik, dan tidak hanya cerdas secara intelektual tetapi juga dapat menerapkan nilai-nilai dalam kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bermain peran, Mengemukakan pendapat, Toleransi siswa. Learning methods, Freedom of opinion, Tolerance. |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities Social and Political Sciences > Psychology |
Depositing User: | - Annisa - |
Date Deposited: | 21 Nov 2023 02:15 |
Last Modified: | 21 Nov 2023 02:15 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/21542 |