Sulistiati, Sulistiati (2023) Upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas vi pada mata pelajaran ips tentang peranan Indonesia pada era global melalui metode inquiry di SD Negeri Pamulang Tengah, Kota Tangerang Selatan. Jurnal Investigasi : Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 4 (1): 8. pp. 68-80. ISSN 2720-9334
2720-9334_4_1_2023-8.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah memperoleh data empiris tentang upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI pada mata pelajaran IPS tentang peranan Indonesia pada era global melalui metode inquiry di SDN Pamulang Tengah Kecamatan Pamulang Kota Tangerang Selatan yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian yang dipilih adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan/ tindakan, pengamatan, dan refleksi. Dari data yang terkumpul berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan metode inquiry dan media pembelajaran berbagai tumbuhan di sekitar lingkungan sekolah terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS tentang peranan Indonesia pada era global. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan metode inquiry menunjukkan peningkatan hasil belajar yang signifikan pada setiap siklusnya. Kegiatan pra siklus menunjukkan siswa yang baru mencapai KKM sebesar 34,38%. Pada siklus petama, persentase siswa yang sudah mencapai KKM sebesar 68,75%, dan siklus kedua, hasil belajar siswa yang telah mencapai target sebesar 93,75%.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, Pembelajaran ips, Metode Inquiry. Educational output, Social learning, Learning methods. |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities Social and Political Sciences > Social Concerns |
Depositing User: | - Annisa - |
Date Deposited: | 21 Nov 2023 02:11 |
Last Modified: | 21 Nov 2023 02:11 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/21540 |