Pelatihan komunikasi efektif tentang pencegahan bahaya narkoba bagi sukarelawan dalam menyukseskan program sekolah bersinar (bersih narkoba)

Ari, Susanti and Ahmad, Izzuddin (2023) Pelatihan komunikasi efektif tentang pencegahan bahaya narkoba bagi sukarelawan dalam menyukseskan program sekolah bersinar (bersih narkoba). JHCE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1 (1): 1. pp. 1-7. ISSN 2988-4756

[thumbnail of 2988-4756_1_1_2023-1.pdf]
Preview
Text
2988-4756_1_1_2023-1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (613kB) | Preview

Abstract

Pengabdian ini merupakan tindak lanjut hasil penelitian sebelumnya yang membahas tentang Komunikasi Terapiutik pada Klien Rehabilitasi Sosial Narkoba di Yayasan Gennesa Banyuwangi. Dalam penelitian terdahulu ditemukan bahwa salah satu klien di Yayasan Gennesa telah mengkonsumsi narkoba sejak SD kelas 5 jenis alkohol dan rokok. Berawal dari coba coba dengan ajakan teman-teman di sekitarnya, kemudian terbiasa hingga mencuri dan menjual barang-barang di rumahnya hanya untuk memuaskan rasa kecanduannya. Narkoba telah menyebar di kalangan anak-anak. Oleh karenanya, perlu teknik komunikasi yang efektif untuk mensosialisasikan bahaya narkoba kepada anak-anak. Pengabdian ini dilakukan dengan mengadakan pelatihan komunikasi efektif bagi relawan dengan model Training of Trainer (ToT) yang diikuti oleh 25 orang mahasiswa dari berbagai universitas di Kabupaten Jember. Format pengabdian ini dikemas dalam komposisi: 20% penyampaian teori, 20% diskusi dan 60% simulasi. Adapun materi yang disampaikan adalah sosialisasi bahaya narkoba, komunikasi efektif dalam memerangi narkoba dan simulasi tentang teknik komunikasi yang efektif. Harapan yang ingin dicapai dari pengabdian ini adalah sukarelawan yang dilatih dapat diterjunkan dalam mensosialisasikan bahaya narkoba kepada anak-anak yang ada lingkungan tempat tinggalnya maupun sekolah-sekolah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Komunikasi efektif, Sosialisasi bahaya narkoba. Drugs, Interpersonal Communication, Narcotics.
Subjects: Communication > Verbal
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Annisa -
Date Deposited: 11 Sep 2023 06:01
Last Modified: 11 Sep 2023 06:01
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/21537

Actions (login required)

View Item
View Item