Upaya meningkatkan prestasi belajar ipa dengan metode pembelajaran penemuan (discovery) pada siswa kelas vi-c SDN Pondok Aren 01 tahun pelajaran 2021/2022

Siti, Nurjanah (2023) Upaya meningkatkan prestasi belajar ipa dengan metode pembelajaran penemuan (discovery) pada siswa kelas vi-c SDN Pondok Aren 01 tahun pelajaran 2021/2022. Jurnal Investigasi : Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 4 (1): 5. pp. 37-46. ISSN 2720-9334

[thumbnail of 2720-9334_4_1_2023-5.pdf]
Preview
Text
2720-9334_4_1_2023-5.pdf - Published Version

Download (317kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya pembelajaran penemuan (discovery). (b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran penemuan (discovery). Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VI-C SDN Pondok Aren 01. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (68,18%), siklus II (77,27%), siklus III (86,36%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode penemuan (discovery) dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa Kelas VI-C SDN Pondok Aren 01 serta metode pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran IPA.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran ipa, Metode penemuan (discovery). Learning methods, Discovery teaching method.
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Social and Political Sciences > Social Concerns
Depositing User: - Annisa -
Date Deposited: 21 Nov 2023 02:05
Last Modified: 21 Nov 2023 02:05
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/21528

Actions (login required)

View Item
View Item