Nataya, Niken Thioanda and Ali, Wardhana (2022) Pengaruh market orientation, technology orientation, dan entrepreneurial orientation terhadap business performance pada usaha coffee shop. Milestone: Journal of Strategic Management, 2 (2): 3. pp. 118-130. ISSN 2775-3565
2775-3565_2_2_2022-3.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (423kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar, orientasi teknologi, dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja usaha pada usaha kedai kopi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang melibatkan 40 kedai kopi yang digunakan sebagai sampel dari hasil survei yang dilakukan. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan metode analisis regresi berganda. Hasil pengujian hipotesis dengan uji-t menjelaskan bahwa secara parsial orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja usaha. Sedangkan orientasi teknologi tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja bisnis. Pada hasil uji F diketahui bahwa ada pengaruh orientasi pasar, orientasi teknologi, dan orientasi kewirausahaan secara simultan terhadap kinerja usaha pada usaha warung kopi. Saran yang dapat disampaikan dalam penelitian ini adalah coffee shop perlu menerapkan strategi khususnya orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan untuk memahami wawasan konsumen dan memanfaatkan peluang tersebut untuk meningkatkan kinerja usahanya.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kinerja bisnis, Orientasi pasar, Orientasi teknologi, Orientasi kewirausahaan, Entrepreneurship, Preferred orientation, Business management |
Subjects: | Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 11 Oct 2023 03:20 |
Last Modified: | 11 Oct 2023 03:20 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/21514 |