Hamni Fadlilah, Nasution (2022) Korelasi pemahaman konsep terhadap hasil belajar matematika ekonomi dan bisnis. Educatum: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1 (1): 25. pp. 205-210. ISSN 2963-4350
2963-4350_1_1_2022-25.pdf - Published Version
Download (379kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah hubungan kemampuan pemahaman matematis mahasiswa dalam pembelajaran matematika ekonomi dan bisnis. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan. Jumlah sampel sebanyak 37 Mahasiswa. Teknik pengumpulan data melalui tes uraian dan dokumentasi nilai dari Siakad. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukan ada hubungan pemahaman matematis dengan hasil belajar matematika ekonomi dan bisnis. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan mahasiswa harus memiliki pemahaman konsep untuk dapat meningkatkan hasil belajar setiap mata kuliah.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman matematis, Hasil belajar, Pembelajaran, Academic achievement, Mathematics education, Learning processes, University students |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Rulina Rahmawati |
Date Deposited: | 15 Jan 2024 06:35 |
Last Modified: | 15 Jan 2024 06:35 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/21511 |