Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA di SD Negeri Tumbang Soloi - 1

Sogeng, Sogeng (2023) Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA di SD Negeri Tumbang Soloi - 1. Inspirator Guru, 5 (2): 7. pp. 63-68. ISSN 2654-2536

[thumbnail of 2654-2536_5_2_2023-7.pdf]
Preview
Text
2654-2536_5_2_2023-7.pdf

Download (305kB) | Preview

Abstract

Motivasi adalah salah satu hal yang berpengaruh pada kesuksesan aktifi tas pembelajaran siswa. Tanpa motivasi, proses pembelajaran akan sulit mencapai kesuksesan yang optimum. Artikel ini ditujukan untuk menyelidiki pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPA siswa. Penelitian korelasi deskriptif ini dilakukan sebagai studi kasus terhadap siswa kelas IV sekolah dasar dan tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan level dari pengaruh motivasi siswa terhadap prestasi belajar IPA. Terdapat total 26 siswa kelas IV SD Negeri Tumbang Soloi 1 kecamatan Tanah Siang, Murung Raya yang dijadikan sample dalam penelitian ini. Data-data dikumpulkan melalui questionare instrument dari variable motivasi belajar dan juga hasil test siswa sebagai variable rata-rata pencapaian siswa. Hasil dari data-data diproses melalui perhitungan statistik dan korelasi rata-rata, didapat melalui penggunaan SPSS 16.0. Data menunjukkan interprestasi tingkat reliabilitas tinggi besarnya pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPA adalah sebesar 48,1%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, prestasi belajar ipa
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Dina -
Date Deposited: 25 Oct 2023 05:17
Last Modified: 25 Oct 2023 05:17
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/21510

Actions (login required)

View Item
View Item