Ina, Herlina (2023) Penerapan metode belajar kelompok dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pkn materi pokok sistem pemerintahan kabupaten dan kota bagi siswa kelas iv SD Negeri Benda Baru 02 tahun 2020. Jurnal Investigasi : Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 4 (1): 3. pp. 16-26. ISSN 2720-9334
2720-9334_4_1_2023-3.pdf - Published Version
Download (395kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar pada mata pelajaran PKn bagi siswa kelas IV SD Negeri Benda Baru 02 melalui penerapan metode belajar kelompok. Penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas dan dilakukan di SD Negeri Benda Baru 02 pada siswa Kelas IV untuk tahun 2020 dengan jumlah siswa 30 orang. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus, tiap siklus dalam penelitian meliputi empat langkah yaitu (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (acting), (3) observasi (observing), (4) refleksi (reflecting). Berdasarkan penelitian diperoleh hasil belajar pada siklus I dengan nilai rata –rata menunjukkan 70,66. Sedangkan hasil belajar pada siklus II dengan nilai rata-rata 75,8 dan hasil belajar pada siklus III dengan nilai rata-rata adalah 81,56 dan semua siswa (100%) mencapai ketuntasan. Kesimpulan yang dapat diambil bahwa penerapan metode pembelajaran melalui belajar kelompok terhadap mata pelajaran PKN dengan materi pokok tentang Sistem Pemerintahan Kabupaten dan pemerintahan Kota, dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Benda Baru 02 dengan baik tahun 2020.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sistem pemerintahan kabupaten, Pemerintahan Kota, Metoda belajar kelompok. Learning methods, Government, Elemntary school students. |
Subjects: | Social and Political Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Annisa - |
Date Deposited: | 21 Nov 2023 01:59 |
Last Modified: | 21 Nov 2023 01:59 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/21508 |