Desman, Telaumbanua (2022) Peningkatan motivasi belajar fisika melalui strategi pembelajaran contextual teaching and learning. Educatum: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1 (1): 23. pp. 194-199. ISSN 2963-4350
2963-4350_1_1_2022-23.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fisika melalui penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual di kelas X siswa SMA Swasta Kristen BNKP Gunungsitoli. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 20 orang siswa. Instrumen pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket berstruktur tertutup dan dianalisis dengan menghitung persentase sebagai ukuran tingkat motivasi yang dimiliki siswa. Dari hasil pengolahan data diperoleh hasil kadar motivasi belajar siswa pada siklus I mencapai 61,75 % atau kategori cukup. Sedangkan pada siklus II kadar motivasi belajar siswa meningkat menjadi 82,5 % atau kategori baik. Hal dapat terjadi setelah melakukan perbaikan tindakan atas kelemahan-kelemahan yang terjadi pada proses pembelajaran kontekstual siklus I. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa dapat ditingkatkan melalui strategi pembelajaran kontekstual pada proses pembelajaran Fisika di SMA Swasta Kristen BNKP Gunungsitoli kelas X. Dengan demikian disarankan agar guru dalam melaksanakan kegiatan proses pembelajaran fisika hendaknya melakukan upaya-upaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi belajar, Strategi pembelajaran, Kontekstual, Learning strategies, Observation (Educational method), Interaction analysis in education, Physical sciences |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Rulina Rahmawati |
Date Deposited: | 15 Jan 2024 05:15 |
Last Modified: | 02 Jul 2024 03:55 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/21503 |