Pengembangan media pembelajaran pop up book pada pemahaman konsep Ilmu Pengetahuan Alam

Elva, Zuleni and Silvia, Silvia and Rahmiatul, Jannah (2022) Pengembangan media pembelajaran pop up book pada pemahaman konsep Ilmu Pengetahuan Alam. Educatum: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1 (1): 21. pp. 173-180. ISSN 2963-4350

[thumbnail of 2963-4350_1_1_2022-21.pdf]
Preview
Text
2963-4350_1_1_2022-21.pdf - Published Version

Download (359kB) | Preview

Abstract

Penelitian Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada pemahaman Konsep Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang kurang menarik dan hasil pemahaman konsep peserta didik tidak sesuai dengan kompetensi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur validitas, praktikalitas dan efektifitas media pembelajaran Pop-Up Book. Metode penelitian yang digunakan adalah metode R&D (Research and Development) dengan model 4-D. Hasil produk Pop-Up Book di uji dengan tiga validator dinyatakan sangat valid. Tingkat kevalidan yang diperoleh hasil uji validator ahli materi 89,37 % dengan kriteria sangat valid. Hasil uji validator ahli desain didapatkan 92,5% dengan kriteria sangat valid. Hasil uji validator ahli bahasa didapatkan 88,88 % dengan kriteria sangat valid. Pada uji Praktikalitas oleh pendidik didapatkan 97,72% dengan kriteria sangat praktis. Dan uji Efektivitas mendapatkan nilai rata-rata 86,83% dengan kriteria penilaian sangat efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Pengembangan Media Pop-Up Book pada pemahaman konsep IPA sudah valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Sumber daya alam, Natural science education, Learning methods, Teaching materials, Pop-up books
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Rulina Rahmawati
Date Deposited: 15 Jan 2024 06:15
Last Modified: 15 Jan 2024 06:15
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/21496

Actions (login required)

View Item
View Item