Peningkatan kemampuan menyampaikan teks negosiasi melalui model pembelajaran cooperative learning

Aliran, Gulo and Trisman, Harefa and Arozatulo, Bawamenewi (2022) Peningkatan kemampuan menyampaikan teks negosiasi melalui model pembelajaran cooperative learning. Educatum: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1 (1): 19. pp. 158-165. ISSN 2963-4350

[thumbnail of 2963-4350_1_1_2022-19.pdf]
Preview
Text
2963-4350_1_1_2022-19.pdf - Published Version

Download (330kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa menyampaikan teks negosiasi dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning. Kegiatan penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dua siklus dengan menggunakan teknik pengumpulan data, lembar observasi dan lembar penilaian. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-ATPH SMK Negeri 1 Afulu yang berjumlah 20 orang siswa dengan jumlah laki-laki 8 orang dan perempuan 12 orang, pada semester genap. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata pada siklus I sebesar 60, nilai tertinggi 80, dan nilai terendah 40. Sedangkan pada siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 80, nilai tertinggi 90, dan nilai terendah 75. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I dengan rata-rata sebesar 65% sedangkan pada siklus II dengan rata-rata sebesar 91%. Hasil observasi kinerja peneliti pada siklus I dengan rata-rata sebesar 56,25% sedangkan pada siklus II sebesar 87,5%. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning dapat meningkatkan kemampuan menyampaikan teks negosiasi siswa di kelas X-ATPH SMK Negeri 1 Afulu Tahun Pembelajaran 2021/2022.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Teks negosiasi, Model pembelajaran, Cooperative learning, Learning models (stochastic processes, Vocational education, Negotiation texts, Speaking skills
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Rulina Rahmawati
Date Deposited: 15 Jan 2024 04:56
Last Modified: 15 Jan 2024 04:56
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/21491

Actions (login required)

View Item
View Item